PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM TATA SURYA DI SEKOLAH DASAR

Vera Yunita, Mahmud Alpusari, Eddy Noviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android di Sekolah Dasar untuk siswa kelas VI. Jenis penulisan yaitu Research and development (Pengembangan) menggunakan model pengembangan 4D. Media pembelajaran berbasis android  adalah berupa aplikasi yang dapat dibuka dan disimpan di smartphone dengan sistem operasi android.  Aplikasi android dapat dibuat dengan bantuan sofware, salah satunya yaitu menggunakan Smart App Creator. Hasil validasi dari validator memperoleh rata-rata skor 93,75% dengan kategori “Sangat Valid”. Penilaian dari validator ahli materi memperoleh skor rata-rata 86,81% dengan kategori “Sangat Valid”. Penilaian produk penelitian pada uji coba terbatas yakni menggunakan praktikalitas guru dan siswa. Hasil perolehan rata-rata skor praktikalitas guru yaitu rata-rata skor 91,06% dengan kategori sangat praktis. Lalu hasil perolehan praktikalitas siswa memperoleh skor rata-rata 87,09% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian yang dikembangkan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android materi sistem tata surya ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran diharapkan dapat di optimalkan dan di manfaatkan oleh guru saat proses belajar juga di implementasikan pada mata pelajaran lainnya.

 


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, Android

References


Karman, J., Mulyono, H., & Martadinata, A. T. (2019). Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi SIG Pariwisata. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, hal 15-20.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA . Jurnal Eksakta Pendidikan, hal 170-177.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal UNNES, 6(2).

Nuqisari, R., & Sudarmilah, E. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 Berbasis Android . Teknik Elektro, 86-92.

Pitaloka, A. (2011). Bumi dan Tata Surya. Jakarta: PT. Gading Inti Prima.

Prasetyo, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, hal 121-140.

Santoso, D., & Ramadhani, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pengenalan Microdoft Word di LPK Sheza Pontianak. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Untari, D. T. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kontemporer Bidang Ekonomi dan Bisnis. Banyumas: CV. Pena Persada.

Yanto, D. T. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik . Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi , Hal 75-82.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), Hal 88-99.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vera Yunita, Mahmud Alpusari, Eddy Noviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id