PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP KARAKTER KERJA KERAS SISWA SELAMA BELAJAR DI RUMAH: SEBUAH PENELITIAN DI KELAS V SDN 147 PEKANBARU

Nur Chayani, Eddy Noviana, Zetra Hainul Putra

Abstract


Artikel ini mengulas tentang persepsi orang tua terhadap karakter kerja keras siswa selama belajar di rumah kelas V SDN 147 Pekanbaru. Penelitian yang dipaparkan pada penelitian ini dilakukan di SDN 147 Pekanbaru yang beralamat di Jalan Anggrek 2 Garuda Sakti Km. 2 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tersebut merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah orang tua siswa kelas V di SDN 147 Pekanbaru yang terdiri dari empat kelas dengan total seluruh 88 orang siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh jadi jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian tersebut yaitu 88 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui uji validitas dan uji reliabilitas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi orang tua terhadap kerja keras siswa selama belajar di rumah dari jenis pekerjaan pada indikator menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu, persentase capaian yang mendapatkan kategori sangat bekerja keras sebagai guru sebanyak 88,99% sedangkan persentase capaian wiraswasta dan ibu rumah tangga mendapatkan kategori bekerja keras sebesar 80.23% dan 79.47%. 2) Persepsi orang tua pada indikator tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan tugas, persentase capaian yang mendapatkan kategori sangat bekerja keras sebagai wiraswasta sebesar 83.49% dan guru sebesar 86.01% sedangkan ibu rumah tangga sebesar 80.82%. Dan 3) persepsi keseluruhan orang tua terhadap kerja keras siswa selama belajar di rumah di kelas V pada kedua indikator mendapatkan kategori sangat baik atau sangat bekerja keras.

 

 


Keywords


belajar, karakter, kerja keras, persepsi

References


Adawiyah, R. (2019). Analisis Karakter Disiplin dan Kerja Keras pada Kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau.

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10(1): 189-209. STAIN Kudus. Jawa Tengah.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Harun, C.Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter 4(3): 304.

Hazlina, Y. (2020). Persepsi Orang Tua Dalam Pemilihan Acara Televisi Untuk Perkembangan Moral Anak SD di Kuok. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau.

Irmalia, S. (2020). Peranan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal El-Hamra 5(1): 34.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Balitbang dan Puskur.

Kesuma, D., dkk. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Nur’aini. (2019). Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Negeri 136 Pekanbaru. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau.

Samani, H. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Siregar, N.S.S. (2013). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA 1(1): 11-27. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Medan.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Yaumi, M. (2004). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Chayani, eddy noviana, zetra hainul putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id