EFEKTIVITAS APLIKASI GAME KAHOOT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keberhasilan belajar tidak terlepas dari ketertarikan (motivasi siswa) terhadap suatu pembelajaran, salah satunya pada pelajaran matematika. Pada masa pandemi guru dituntut untuk kreatif dan dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar salah satunya dengan menggunakan game kahoot. Game kahoot mudah di gunakan untuk anak sekolah dasar kelas atas, game kahoot mudah diakses, saat mengerjakan soal terdapat waktu selain itu terdapat skor dan peringkat saat selesai permainan, ini memicu siswa untuk mendapatkan skor tinggi. Maka penelitian ini menggunakan game kahoot pada pembelajaran matematika. Pencapaian yang hendak dituju peneliti adalah mengenai efektivitas game kahoot dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar, penelitian ini menggunakan Quasi experiment yaitu menggunakan metode Kuantitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian bahwa game kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari seberapa senang dan tertarik siswa terhadap game kahoot. Dengan adanya ketertarikan siswa terhadap game tersebut maka tumbuhlah motivasi belajar terhadap siswa dibuktikan dengan hasil sig. 0,048 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh atau adanya peningkatan motivasi. Selain itu hasil belajar dibuktikan dengan pemberian pretest dan postest dengan pairet samples test dengan signifikansi dalam table 0.000 kurang dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang bermakna dalam perlakuan setiap masing-masing variable. Maka game kahoot efektif digunakan dalam pembelajaran matematika dibuktikan dengan hasil angket, motivasi, dan hasil belajar siswa yang menunjukan ketertarikan terhadap aplikasi tersebut
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Andeka, W., Darniyanti, Y., & Agus, S. (2021). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 04 Sitiung. Journal Education and Counseling, 1(2), 193–205. https://ojs.unars.ac.id/index.php/consilium/article/view/1179
Darmawiguna, I. G. M., Santyadiputra, G. S., & Pradnyana, G. A. (2019). Pelatihan Implementasi Gamifikasi dalam Pembelajaran dengan Platform Kahoot bagi Guru di SMK Negeri 1 Nusa Penida. Prosiding SENADIMAS Ke-4, 967–972.
Falah, A. (2015). Studi Analisis Aspek-Aspek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 01 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, 3, 171–195. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1449
Fauziyah, Safiah’Intan, & Habibah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 30–38.
Ferreira, M., Paula, A., & Luís, J. (2011). Motivation and Relationship of the Student with the School as Factors Involved in the Perceived Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 1707–1714. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.416
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan. Malang (2nd ed.). Literasi Nusantara.
Hana, Mirza, A. G., & Robbani, H. (2021). The Influence of Teacher Social Competence on Learning Motivation of Class XI Students, Department of Office Administration on Business Economics Subject at SMK Al Wahyu, East Jakarta. 2(12). https://doi.org/https:doi.org/10.37010/int/v2i2
Husada, F. R. K. (2019). Implementasi Kahoot! Sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 8(5), 55.
Kavinji, M. (2021). Pemanfaatan Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ips Bagi Siswa Kelas Viia Smpn 1 Baturetno Wonogiri. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(3), 295–304. https://doi.org/10.47387/jira.v2i3.98
Lutfi, L., Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Sd) Pada Guru. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 186–191. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.27999
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Nur, I., Ahsanuddin, M., & Morhi, R. (2021). The Effectiveness of Using Kahoot ! Application as An Evaluation Tool in Arabic Vocabulary Learning at Madrasah ثحبلا صلختسم. 4, 243–256.
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH
Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127
Rahmawati, R., Kasdi, A., Riyanto, Y., Pascasarjana, M. P., Dasar, P. P., Surabaya, U. N., Pascasarjana, D., Dasar, P. P., & Surabaya, U. N. (2020). Pengaruh Model ARIAS Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(1).
Safitri, D., Muawanah, & Ayu, Y. N. (2020). Model Pembelajaran yang Efektif di Sekolah Dasar. Journal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 128–133. http://dx.doi.org/10.1016/j.asw.2013.04.001%5Cnhttp://journals.cambridge.org/abstract_S0140525X00005756%5CnLib scanned%5Cnhttp://www.br-ie.org/pub/index.php/rbie/article/view/1293%5Cnhttp://www-psych.nmsu.edu/~pfoltz/reprints/Edmedia99.html%5Cnhttp://urd.
Simanjuntak, H. (2020). MOTIVASI BELAJAR MEMPENGARUHI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR ( STUDI PADA SDN 064021 KECAMATAN MEDAN HELVETIA KOTA MEDAN ). As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, I, 149–157.
Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 46–57.
Sutini, S., Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124–136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136
Urfatullaila, L., Raahmawati, I., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Pengaruh Motivasi Instrinsik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V di MI Al Azkian Tenjolaya Bogor. Reallaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.47476/as.v3i1.225
Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 Di Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693
Waterschoot, J., Vansteenkiste, M., & Soenens, B. (2019). The effects of experimentally induced choice on elementary school children ’ s intrinsic motivation : The moderating role of indecisiveness and teacher – student relatedness. Journal of Experimental Child Psychology, 188, 104692. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.104692
Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Ciparay I Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 222–228. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/325
Yusrizal, Lubis, B. S., Fatmawati, & Muzdalifah, D. (2020). Pengaruh Metode Visit Home dan Pola Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siawa Sekolah Dasar di Era Pandemi. Jurnal Tematik Universitas Negeri Medan, 10(3), 129–135.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8677
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Apriliyanti Muzayanati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id