PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam materi kecepatan melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas V di salah satu SD Negeri Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V di salah satu SD Negeri Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 16 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika materi kecepatan melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika materi kecepatan melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika. Jumlah siswa yang tuntas dari 6 siswa atau sebesar 37,5%, menjadi 14 siswa atau sebesar 93,75%. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 79,94 menjadi 95,44. Hasil analisis angket siswa menunjukkan bahwa 14 siswa atau sebesar 87,5% sangat setuju dan 2 siswa atau 12,5% setuju dengan penggunaan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Daryanto. (2014). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Febriyanti, D.A., & Ain, S.Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409-1416.
Finariyati, Rahman, A.A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7 (1), 89-97.
Firdaus, B. A., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi Etnomatematika: Aktivitas Petani Padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 85-92.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Irfan, M., Kusumaningrum, B., Yulia, Y., & Widodo, S. A. (2020). Challenges during the pandemic: use of e-learning in mathematics learning in higher education. Infinity Journal, 9(2), 147-158.
Kemendikbud. (2013). Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika (Peminatan) Melalui Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemendikbud.
Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama
Mulyasa, E. (2003). Managemen Berbasis Sekolah. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Nopiani, N., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan Modul Cerita Bergambar Berbasis E-Learning Materi Aktivitas Ekonomi Pada Mata Pelajaran IPS. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (6), 1616-1626. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8345
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumarno, Alim. (2012). Hakikat Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yuliawati F. (2013). “Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains Untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi Dan Alam Semesta”. Skripsi mahasiswa Prodi PGMI, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal.170.
Yusuf & Waziri M, et al. (2010). Ethnomathematics (a Mathematical Game in Hausa Culture). International Journal of Mathematical Science Education Technomathematics Research Foundation.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8676
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Riska Ashar Luthfia Erva
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id