PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU SMP NEGERI

Rospiati Rospiati

Abstract


Data yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu: Motivasi Kerja Guru, Supervisi Kepala Sekolah, dan Manajemen Pembelajaran Guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi kerja guru dan supervisi kepala sekolah terhadap manajemen pembelajaran guru SMP Negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah sebanyak 113 orang dengan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi melalui program software microsoft exel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Kerja Guru terhadap Manajemen Pembelajaran Guru dan teruji kebenarannya, terdapat pengaruh yang signifikan antara Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru dan teruji kebenarannya, dan  terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Kerja Guru dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru serta teruji kebenarannya. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Motivasi kerja guru yang tinggi dan supervisi kepala sekolah yang baik akan membuat manajemen pembelajaran guru semakin baik.

 


Keywords


Motivasi Kerja, Supervisi, Manajemen Pembelajaran

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. (2013). Pengaruh Manajemen Pembelajaran terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. (A. Abdurohman, Ed.) Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 12, 5. Retrieved 2021, from https://web.archive.org/web/20180410124125id_/http://journal.uniga.ac.id

Erwinsyah, A. (2017, Februari). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. (I. S. Gorontalo, Ed.) TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam(Vol. 5 No. 1 (2017): Tadbir 2017), 73. Retrieved Mei 2021

Malayu. (2021). Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli. https://www.Dosen Pendidikan.co.id/pengertian-motivasi-menurut-para-ahli/. Retrieved Mei 26, 2021

Mulyana, A. (2020, January 27). Pengertian Belajar Dan Pengertian Pembelajaran. https://ainamulyana.blogspot.com/. Retrieved Juli 2021

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2020). Supervisi Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Prinsip dan Pendekatan Supervisi Pendidikan. https://www.sekolahan.co.id/supervisi-pendidikan/. Retrieved Desember 03, 2021, from https://www.sekolahan.co.id/supervisi-pendidikan/

Munajah, R. (2017, April 5). MANAJEMEN PEMBELAJARAN. http://robiatulmunajahpgsd.blogspot.com/2017/04/manajemen-pembelajaran.html. Retrieved Juli 07, 2021

Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Rukajat, M. D. (2018). Manajemen Pembelajaran Guru. Yogyakarta: Deepublish.

Siagian, S. P. (2020). Motivasi Kerja : Pengertian, Indikator, & Cara Meningkatkannya. https://www.linovhr.com. Dipetik Januari 26, 2021

Silvia, M. (2013, Oktober 1). Motivasi Kerja Guru Dalam Melaksanakan Tugas di SMP Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1, 119.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta.

Thomas, P. (2011, Juni 1). Manajemen Pembelajaran Di Smk Negeri 2 Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VI, 17. Retrieved from httpsjournal.unnes.ac.idnjuindex.phpDParticleview53444280.pdf

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ros pia ti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id