PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK DIKELAS VI SEKOLAH DASAR

Jusmeri Jusmeri

Abstract


Menyimak merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan dan menambah informasi baru atau pengetahuan baru. Siswa dalam hal menyimak, cenderung mendengarkan tetapi tidak memahami isi yang disimak. Siswa cenderung meremehkan pembelajaran menyimak khususnya menyimak persoalan  faktual. Salah satu upaya yang akan dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa yaitu dengan menggunakan media audio visual. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 006 Sungai Ara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI (Enam), jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Dua siklus yang memperlihatkan hasil pembelajaran menyimak siswa dengan rata-rata yang meningkat. Siklus I rata-rata yang diperoleh sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual yaitu 71.33 dan 76.63, sedangkan pada siklus II rata-rata yang diperoleh sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual yaitu 76.42 dan 79.46. Penerapan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa dan daya tarik siswa terhadap pembelajaran.

                                                                                             

 


Keywords


siswa, pembelajaran menyimak, media audio visual

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana. (1999). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Rudi dan Cepi Riyana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : Wacana

Sudjana, Nana. dan Rivai, Ahmad. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suparno, P. (1997). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Sriwidayah. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Unsur Intrinsik Cerita Di Kelas Vi Sdn Jogosatru. Dwijacendekia Jurnal Riset Pedagogik. 1 (1). 84-91

Tarigan, Djago.(1991). Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Jakarta : Depdikbud

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wijayakusuma. (2009). Mengenal Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jusmeri Jusmeri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id