PENERAPAN MODEL KOOPERATIF BERPIKIR, BERPASANGAN DAN BERBAGI (KOPI PAGI) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Esti Untari, Sukamti Sukamti, Lilik Bintartik, Sri Estu Winahyu, Sigit Wibowo, Riski Riski Solehariyah, Zulfa Aji Mukti

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model KOPI PAGI terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Penelitian dilakukan di dua kelas, kelas 4A sebagai kelas kontrol dan kelas 4B sebagai kelas eksperimen. Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 57.78 meningkat menjadi 65.3. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen model pembelajaran KOPI PAGI dari 60.2 meningkat menjadi 80.8. Hasil keterampilan berbicara siswa di kelas kontrol rata–rata hasil keterampilan berbicara siswa 46.41 meningkat menjadi 65.37. Sedangkan, data pada kelas eksperimen, rata–rata hasil keterampilan berbicara siswa didapatkan hasil 57.44 dan meningkat menjadi 74.6. Setelah dilakukan pengujian N-Gain Score hasil bahwa nilai rata–rata kelas kontrol 21,69% tergolong tidak efektif. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata–ratanya 58.12% tergolong cukup efektif. Sehingga disimpulkan model KOPI PAGI dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa serta model KOPI PAGI lebih efektif diterapkan pada materi perubahan energi dan sumber daya alternatif di SD kelas IV SDN Bendogerit 1 Kota Blitar.


Keywords


KOPI PAGI, hasil belajar, keterampilan berbicara, IPA

References


Abdullah. (1998). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Badudu, dkk. 2012. Bukan Pidato dan MC Biasa, Seni Praktik Public Speaking Super Dahsyat. Yogyakarta: Pustaka Cerdas.

Hidayat, M. Iman & Yusnidah. (2020). Revolusi Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri. Sleman: Deepublish (CV Budi Utama).

Sa’dijah, Cholis. (2006). Pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS). Malang: Lembaga Penelitian UM.

Sri Sulistyorini. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, dkk. (2005). Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud

Tarigan. 1983. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, I. F., Iswara, P. D., & Sunaengsih, C. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dalam Menceritakan Peristiwa Yang Dialami Menggunakan Metode Talking Stick Berbantuan Media Gambar Seri. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1541-1550.

Winantara, I. D., & Jayanta, I. N. L. (2017). Penerapan model pembelajaran TPS untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 9-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Esti Untari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id