PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PELESTARIAN LINGKUNGAN KELAS V TEMA VIII DI SEKOLAH DASAR

Nadila Rahmi, M. Jaya Adi Putra, Jesi Alexander Alim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk komik digital yang dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi serta memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan atau R&D (Reseacrh and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang melalui 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai perancang media, ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru dan siswa. Instrument dalam pengumpulan data menggunakan angket. Angket yang digunakan yaitu dalam bentuk lembar validasi dan angket uji coba produk. Hasil dari pe yang dilakukan oleh validator dan praktisi terhadap media komik digital yang terdiri dari 6 aspek penilaian memperoleh rata-rata skor 86,40% dengan kategori sangat valid. Validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan skor 78%, validasi yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan skor 89%, validasi yang dilakukan oleh ahli bahasa mendapatkan skor 84%, validasi yang dilakukan oleh praktisi I mendapatkan skor 93%, validasi dari praktisi II mendapatkan skor 94%. Jadi dari hasil rata-rata skor yang didapat 87,6% dengan kategori sangat valid. Hasil dari uji coba satu satu dengan 3 orang siswa mendapatkan skor 82,5% dengan menunjukkan kategori sangat layak. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari uji coba terbatas terhadap 13 orang siswa mendapatkan skor rata-rata 88,65% dengan kategori sangat layak.


Keywords


pengembangan media komik digital, pembelajaran pelestarian lingkungan kelas V

References


Alfin, Jauharoti. 2015. Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Srkolah Dasar. Prosiding Halaqah Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam. (hlm.190-205). Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Barokati, N., dan Annas, F. 2013. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Jurnal Sistem Informasi Vol. 4 (5), 352-359.

Danaswari, Resti, dkk. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 9 Cirebon Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jurnal Scientiae Educatia Volume 2 Edisi 2

Dittmar JF. 2012. Digital Comics. Scandinavian Journal of Comic Art (SjoCA) 1(2): 83-91

Fatimah, F dan A. Widiyatmoko. 2014. Pengembangan Science Comic Berbasisi Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi Dan Pendengaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 146-153.

Lailiyah, Fauza. 2020. Pengembangan Media Komik Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JPGSD. Vol 08 Nomor 01, 89-99.

Nur Hidayah, Khilda Maulida. 2019. Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan PIXTON disertai QUIZ (KAHOOT) Pada Konsep Sistem Gerak. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syatif Hidayatullah Jakarta.

Nursholihat, Khoerunnisa, dkk. 2017. Peranan Media Komik Terhadap Literasi Sains Siswa Sd Kelas V Pada Materi Daur Air (Penelitian Pre-Experimental Terhadap Siswa Kelas V Sd Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang). Jurnal Pena Ilmiah Vol 2 No 1

N.H.T. Siahaan, Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan (Jakarta: Erlangga; 2004)

Pangestu, Bayu Aji. 2018. Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan

Purnama, Sigit. 2013. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI , Volume. IV, No. 1

Sadiman, Arif S. 2007. Media pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar . Jakarta: Indeks.

Sista, Taufik Rizki. 2017. Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMK Migas Cepu). Vol 01, No 01.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryono, I. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susilana, Rudi & Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: FIP UPI Bandung.

Utariyanti ,Ismi Fatimatus Zahro, dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas Viii Mts Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol 1 No 3




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nadila Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id