PENGEMBANGAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media Flif Chart sebagai sarana memotivasi untuk menambah kosa kata pada kegiatan membaca intensif di kelas III sekolah dasar, untuk mengetahui kelayakan media Flif Chart yang dikembangkan, dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media Flif Chart. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Secang dengan 30 subjek pada siswa kelas III-B dengan rincian 10 orang dalam uji coba terbatas. Jenis penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari enam tahapan yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi media oleh dosen dan lembar angket mahasiswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kualitas media Flif Chart yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak dengan persentase 85% dari dua ahli media, kategori sangat layak dengan persentase 81,5% dari dua ahli bahasa, dan 90,5% dari dua ahli materi. Respon siswa terhadap media Flif Chart pada uji coba dengan 10 responden sebesar responden sebesar 84% dengan kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arini, Sumantri, dan Putri, Putu Novika. (2019). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, 3 (2) : 1-9
Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta : departemen pendidikan nasional direktorat jendaral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Akhadiah, Sabarti dkk. (1993). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta :
Erlangga.
Ahuja, Pramila dan G. C. Ahuja. (2010). Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung : Kiblat
Buku Utama
Asep Tapip Yani. (2011). MBS life skill & Kepemimpinan Sekolah. Bandung : Humaniora
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Anitah, Sri. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta :Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
Badru Zaman, dkk. (2009). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta. Direktorat Pembinaan Pendidikan.
Hamdani. (2005). Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Cipta
Harjasujana, A.S. & Yeti,M. (1997). Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen Pendidikan Dasar dan menengah.
Harras, Kholid & Lilis Sulistianingsih. (1998). Membaca 1. Jakarta: Depdikbud.
Guntur Tarigan, Henry. (1986). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibnu, Trianto. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta : Jauharoh Alfin. Hlm 22
Iskandar Wassid, Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Remaja Rosdakarya. Hlm 247
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press
Jamaludin, Ujang., Reza Rachmadtullah. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori, Konsep,dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: CV Nurani.
Kustandi dan Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran ; Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.
Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya,
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi.
Negara, Rahmad Himawan Surya . (2014). Penggunaan Media FlipChart Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Kelas IV SDN Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya, 2 (2) : 1-11
Pratiwi, Desi Eka. (2013). Penerapan Media Papan Balik (FlipChart) Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (2) : 1-10
Putra, Reza Pratama,. Ayuningtyas Tantri Raras. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran FlipChart Berbahan Dasar Bambu. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah. 7 (1) : 1-16
Rahayu, Wahyuningsih. (2012). Model Pembelajaran Komeks Bermuatan Nilai-
Nilai Pendidikan Karakter Aspek Membaca Intensif di SD. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Ramlan A. Gani, Mahmudah Fitriyah Z.A. (2011). Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta : FITK Pres.
Susato, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Susato, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susilana, Rudi., Cepi Riyana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : CV. Wahana Prima.
Solchan T. W, dkk. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. (2014). Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. (2005). Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Tarigan, H. G. (2013). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sagnes Achriyati Achriyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id