PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI

Nurohimah Puji Astuti, Probosiwi Probosiwi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru sebagai pengajar, fasilitator, motivator dan evaluator dalam pembelajaran daring dan faktor pendukung serta faktor penghambat pada peran guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru bahasa Jawa dan peserta didik kelas III SD Muhammadiyah Karangturi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan data. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai pengajar, fasilitator, motivator dan evaluator dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Jawa sudah terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan guru selalu menerapkan dan beradaptasi terhadap teknologi pembelajaran daring agar peserta didik mampu belajar secara maksimal. Kemudian faktor pendukung terhadap terlaksananya peran guru tersebut didukung dengan fasilitas buku dan teknologi serta bantuan kuota internet dari pemerintah. Faktor penghambat terjadi karena kurangnya motivasi belajar dan kesibukan orang tua yang bekerja.


Keywords


peran guru, pembelajaran daring

References


Anggela, M., Juarsa, O., & Parmadi, B. (2020). Studi Deskriptif Peran Guru Sebagai Pendidik dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa di Kelas IV A SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 182–190.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12, 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Astalini, Dwi Agus Kurniawan, Rahmat Perdana, & Haerul Pathoni. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8, 34–43.

CNN Indonesia. (2020). Studi Pertanyakan Efektivitas Penutupan Sekolah Cegah Corona . Https://Www.Cnnindonesia.Com/Gaya-Hidup/20200408103445-284-491518/Studi-Pertanyakan-Efektivitas-Penutupan-Sekolah-Cegah-Corona .

Malaya, I., Madrasah, S., & Rosyidiyah, T. A. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. In Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia (Vol. 1, Issue 2).

Pangondian, R. Andrianto. P. I. S. E. N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. SAINTEKS, 56–60.

Pramana, E. (2020). Kemendikbud Sebut PJJ Tidak Sama dengan Pembelajaran Daring dan Luring. Https://Www.Jawapos.Com/Nasional/Pendidikan/17/06/2020 .

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1).

Rosnaeni, & Prastowo, A. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19: Kasus di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. 5, 2241–2246. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1151

Saumi, N. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 7 (1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Tahir, W. (2017). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan (Vol. 1).

Umro, J. (2017). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Agama Di Sekolah. In Journal Of Islamic Education (JIE): Vol. II (Issue 1).

Verawardina, U., & Jama, J. (2018). Philosophy TVET Di Era Derupsi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Filsafat Indonesia, 1.

Wicaksono, A. (2017). Mencari Karakter Pendidik Yang Ideal Bagi Indonesia (Dalam Cerita dan Realita dari Masa ke Masa). Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 109–118.

Yuliani, M., Janner Simarmata, Siti Saodah Susanti, Eni Mahawati, Rano Indradi Sudra, Heri Dwiyanto, Edi Irawan, Dewa Putu Yudhi Ardiana, & Muttaqin, I. Y. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Yusrizal, Intan Safiah, & Nurhaidah Nurhaidah. (2017). Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 126–134.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurohimah Puji Astuti, Probosiwi Probosiwi Probosiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id