UPAYA KEPALA SEKOLAH MELALUI SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SDN 022 HARAPAN BARU

Sahippudin Sahippudin

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran, dengan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah pada era pembelajaran daring. Bentuk penelitian ini berupa penelitian tindakan sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah itu sendiri, dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian yaitu dilakukan di SDN 022 Harapan Baru Kecamatan Kempas dengan subjek penelitian adalah guru-guru yang mengajar. Hasil penelitian ini adalah upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar melalui supervise akademik dapat dikatakan berhasil, terbukti dari data hasil penelitian yaitu Pada item kreativitas guru dalam menyusun RPP  didapat nilai rata-rata sebesar 75 dengan persentase 85% pada kategori baik, pada item kreativitas menggunakan metode pembelajaran didapat nilai rata-rata sebesar 80 dengan persentase 90% pada kategori baik, kemudian pada item inisiatif pengelolaan pembelajaran daring didapat nilai rata-rata sebesar 70 dengan persentase sebesar 80% pada kategori baik, dan pada item hasil belajar siswa didapat rata-rata sebesar 70 dengan persentase 80% pada kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah berhasil dalam meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran di SDN 022 Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir.

 

 


Keywords


kreativitas guru, upaya kepala sekolah

References


Andika. (2016). “Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Pada Kelas X di SMA Negeri 89 Jakarta”. Jurnal Ilmiah Econosains. Volume 14. Nomor 1.

Aqib,Zainal. (2009). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Drama Widya.

Anas Sudijono, (2004).Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Barinto. 2012. Hubungan Kompetensi Guru Dan Supervisi Akademik Dengan Kinerja Guru Smp Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol.9 No.2, 201-214.

Gunawan, I. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(1), 59-81.

Husein, L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Professional, Yogyakarta.

Mulayasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktavia, Y. (2014). Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Disekolah Dasar, Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 2 No1.

Priansa. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan Toerirtis dan Praktis. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Perdamean,T (2009). Profesionalitas Guru Perlu Daya Kreativitas. Bandung : Alfabeta.

Pidarta, M (2009). Supervisi Pendidikan Konstektual. Jakarta : Rineka Cipta.

Rivai, V. & Mulyadi, D. (2011). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Syarifudin. (2011). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Diadit Media.

Slamet, P, H. (2000). Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sedarmayanti. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung: PT RefikaAditama.

Suharsaputra, U. (2016). Kepemimpinan Inovasi Pendidikan: Mengembangkan Spirit Enterpreneurship Menuju Learning School. Bandung: PT Refika Aditama.

Sabirin. (2012). Perencanaan Kepala Sekolah Tentang Pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1), 111- 128.

Suprihatiningrum. (2016). Guru Profesional: Pedoman Kinerja dan Kompetensi Guru. Jogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sudjana N. (2009). Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing

Zainal, V. R., Hadad M. D., dan Ramly, M. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sahippudin Sahippudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id