PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI STRUKTUR FUNGSI TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS IV SD

Sonia Fransisca, Nana Hendracipta, Ahmad Syachruroji

Abstract


Perkembangan teknologi sangat baik bagi setiap bidang kehidupan. Namun adanya perkembangan teknologi yang pesat membuat bidang Pendidikan perlu melakukan inovasi baru mengikuti perkembangan zaman. Salah satu tantangan bagi bidang Pendidikan melebur setiap teknologi menjadi media yang menarik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang berinovasi mengikuti perkembangan teknologi. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode yang dilakukan dalam penelitian ini melalui analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi (ADDIE). Setelah dilakukannya pembelajaran secara interaktif dan menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis articulate storyline 3. Adapun setelah pengimplementasian evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah tujuan dari penelitian ini berjalan atau tidak. Adapun media pada penelitian yang dilakukan berhasil mendapatkan kategori “layak” dan media membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 0,81% yang mana masuk pada kategori N-Gain “tinggi”.

 


Keywords


Media, inovasi, teknologi, penelitian dan pengembangan

References


Darmawan dan Murnihati, S. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Pada Anak Usia Dini. Banyumas:Embrio.

Hermita,N dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran Abad 21. Surabaya: Global Aksara Pres.

Ismail, M. dan aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Pamekasan: Duta Media.

Kustandi, C. dan Daddy, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran:Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Lestari, E. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish

Lestari, N. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif.Cetakan I. Klaten: Lakeisha.

Oka, G.P.A. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Safira, A.R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.

Sutarsih, T. dkk. (2020). Statistik Telekomunikasi Indonesia. Jakarta. Badan Pusat Statistik.

Sutiah. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Viani, Y, Hendri, M dan Gustimal, W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VA SD Negeri 034 Taraibangun. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sonia fransisca

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id