PENGEMBANGAN MEDIA PARU-PARU BUATAN BERBASIS MANEKIN PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Lukman Nulhakim, Encep Andriana, Dhika Anggi Sandika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran paru-paru buatan berbasis manekin untuk mengatahui bagimana respon siswa dalam menggunakan media paru-paru buatan berbasis manekin bagi siswa kelas V di SD Negeri Merak II. Penelitian ini bertujuan untuk Hasil penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata skor persentase sebesar 91,10% yang masuk pada kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata skor persentase nilai akhir sebesar 88,64% yang masuk pada kriteria “Sangat Layak”. Jika dihitung pencapaian hasil penilaian validasi ahli, maka dapat dikatakan bahwa media paru-paru buatan berbasis manekin ini mendapatkan nilai uji kelayakan dengan perolehan angka rata-rata sebesar 89,87% melalui uji  validasi ahli, sehingga mendapatkan kategori “Sangat Layak”. Hasil respon siswa pada pengembangan media paru-paru buatan berbasis manekin memperoleh rata-rata skor sebesar 91, 36% dengan kategori “Sangat Baik”.


Keywords


Paru-Paru Buatan Berbasis Manekin, Sistem Pernapasan Manusia

References


Campbell, Reece & Mitchell. (2004). Biologi Edisi Kelima. Terj. dari Biology, Fifh Edition. Oleh Manalu, W, Jakarta: Erlangga 501 hlm.

Isnaeni, W. (2006). Fisiologi Hewan. Surabaya: Kasinus.

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nunuk dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadiman. (2010). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Setiadi. (2007). Anatomi Fisiologi Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, N & Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dhika Anggi Sandika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id