PENGEMBANGAN KOMIK FANTASI BERTEMA PAHLAWANKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mohamad Rizki, Zerri Rahman Hakim, Ana Nurhasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik fantasi bertema pahlawanku sebagai media pembelajaran IPS di kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui tingkat kelayakan komik serta respons siswa terhadap komik yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian model Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Terdapat 6 tahap pengembangan dalam penelitian ini yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk (terbatas). Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli dan angket respons siswa. Media komik ini divalidasi oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli bahasa serta diuji coba terbatas kepada 26 orang siswa kelas IV SDN Pasirmae 1. Hasil penelitian ini adalah pengembangan komik fantasi bertema pahlawanku sebagai media pembelajaran IPS di kelas IV sekolah dasar. Kelayakan komik berdasarkan validasi ahli mendapatkan penilaian dengan kategori sangat layak dengan persentase sebesar 83.88% dari ahli media, 90% dari ahli materi, dan 81.66% dari ahli bahasa. Sementara itu, penilaian dari respons siswa mendapatkan persentase sebesar 95.32% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik.

 




Keywords


komik, media pembelajaran, ips, sekolah dasar

References


Arief S. Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Gumelar, M. S. (2011). Comic Making: Membuat Komik. An1mage.

Harvey, R. C. (1996). The art of the comic book: An aesthetic history. Univ. Press of Mississippi.

Jamaludin, U., & Rachmadtullah, R. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: Nurani.

Muhamad, A. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN TERHADAPHASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-AMANAH, SETU TANGERANG SELATAN. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171-185.

Waluyanto, H. D. (2006). Komik sebagai media komunikasi visual pembelajaran. Nirmana, 7( 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mohamad Rizki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id