HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS IV SD

Nasty Minarsih, Rien Anitra, Mertika Mertika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan intensitas membaca dengan keterampilan menuliscerita. Metode penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan rumus Isaac dan Michael dengan jumlah sampel 78 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan teknik angket dan teknik pengukuran, yaitu menggunakan angket intensitas membaca dan tes keterampilan menulis cerita. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Tingkat intensitas membaca siswa tergolong baik berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 44,69. 2) Tingkat keterampilan menulis cerita tergolong baik dengan rata-rata keseluruhan 59,5. 3) Terdapat hubungan antara intensitas membaca dengan keterampilan menulis cerita sebesar 5,89, dengan nilai korelasi 0,56 dan koefisien determinasi 31,36%. Jadi dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan antara intensitas membaca dengan keterampilan menulis cerita.

 


Keywords


Hubungan, Membaca, Keterampilan Menulis, Cerita

References


Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Nurazizah, K. F. (2016). Hubungan Intensitas Membaca dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD Gugus II Pengasih Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12.

Putri Pratiwi, D. A. (2018). Hubungan Antara Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SD Gugus VII Mengwi Tahun Ajaran 2017/2018. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14626

Santoso dkk, A. (2014). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka.

Taufiq dkk, A. (2013). Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 riski ayu, nasty minarsih, mertika mertika, rien anitra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id