PENGEMBANGAN E-BAHAN AJAR BERBASIS CERITA BERGAMBAR TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA KELAS II SEKOLAH DASAR

Hanum Fatmawati, Nana Hendracipta, Encep Andriana

Abstract


Pada proses pembelajaran bukan hanya menjelaskan berdasarkan kompetensi dasar melainkan pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan bagi pendidik untuk dapat memudahkan peserta didik dalam mencapai pembelajaran dan membuat peserta didik antusias dalam belajar sehingga mempermudah pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-bahan ajar berbasis cerita bergambar untuk kelas II Sekolah Dasar Tema Hidup Bersih dan Sehat Subtema Hidup Bersih dan Sehat di Rumah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikas oleh Sugiyono enam langkah dari desain pengembangan. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas II SDN Banjarsari 2 siswa pada uji coba perorangan kelompok kecil, 10 siswa pada uji coba sisi 1 dan 10 siswa pada uji coba sesi 2. Hasil uji coba menunjukkan tingkat kelayakan bahan ajar yang sangat tinggi. Bahan ajar yang dihasilkan memiliki tingkat kevalidan ahli media validator 1 88%, validator 2 93%. Kevalidan ahli materi 86.8%, dan keefektifan respon peserta didik sebesar 94%.

 


Keywords


E-Bahan Ajar, Cerita Bergambar, Peserta Didik

References


Ardianto. (2007). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

BSNP. (2014). Instrumen Penelitian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Diakses pada tanggal 24 November 2020 pukul 14.25 WIB.

Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2017). Pengembangan e-modul Geometri dengan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 23-29.

Budiningsih. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Dirjen Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Gustiawati, R., & Arief, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355-360.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Setia.

Handayani, T. L., Sugianto, S., & Susanto, H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbentuk PopUp dan Smash Book Materi Sifat Cahaya Bagi Siswa Penyandang Disabilitas Rungu. 8(1), 8-15.

Hendra, A. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Peserta Didik SD. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Hermawan. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Indrawini, T., Ach, A., & Utami., W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Subtema Ayo Cintai Lingkungan Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan., 2(11), 1489-1497.

Jazuli. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. Jurnal Lensa, 7(2), 47-65.

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada tanggal 29 September 2020 pukul 18.45 WIB.

Laksana, R., & Dhiu. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56-64.

Lawe, Y. U., Noge, M. D., & Wade, E. (2021). Penggunaan Bahan Ajar Elektronik Multimedia Berbasis Budaya Lokal Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 92-102.

Majid, A. (2016). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nisa, N. K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbasis Mind Mapping Sebagai Sumber Belajar Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 04 Semarang. Thesis. Universitas Negeri Semarang.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 93-98.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto. (2014). Evaluasi dan Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Purwono, U. (2018). Standar Penilaian Buku Pelajaran. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2020 pukul 10.29 WIB.

Raharjo, S. (2010). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahman, E. (2015). The Effect of Interactive E-Book on Students Achievement at Najran University in Computer in Education Course. Journal of Education and Practice, 6(19), 71-82.

Rasyid, M. (2010). Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Penulisan Modul. Diakses melalui www.rosyid.info/2010/06 pada tanggal 23 Mei 2020 pukul 13.35 WIB.

Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta Press.

Saidah, K., & Rian, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Kelas III SD. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 73-81.

Sari, L. D. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di SD. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968-1977.

Sari, V. K. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Meningkatkan Pemahaman Konsep Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku Kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Skripsi. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Setyosari, P. (2013). Model Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sofan, A., & Lif. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT Rosdakarya.

Suardiman, F. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1-9.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta Press.

Suharsimi, A. (2006). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sukmadinata., & Nana, S. (2013). Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata., & Nana, S. (2011). Model Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.

Toding, M. (2016). Analisis Minat Membaca Permulaan Dengan Cerita Bergambar di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 1(9), 1749-1752.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hanum Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id