PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI DENGAN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV

Lia Khaerunisa, Zeri Rahman Hakim, M. Taufiq

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kelayakan, mendapatkan nilai dari para ahli, serta respon peserta didik dari media yang peneliti coba kembangkan, yaitu Monopoli SETAPARULA (Senjata, Tari, Pakaian, Rumah, Lagu) dengan tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Penelitian dilakukan di SDN Panunggangan 1 dengan subjek penelitian kelas IV dan 10 peserta didik untuk diuji coba terbatas. Jenis penelitian yang digunakan pada metode penelitian pengembangan (Research and Development) ialah dari Borg dan Gall yang dimodifikasi dari Sugiyono, hal tersebut terdiri dari 6 tahapan yaitu: tahap analisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap pengembangan desain produk, tahap validasi desain produk, tahap uji perbaikan (revisi) desain produk, dan tahap uji coba produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil uji validasi oleh para ahli (ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli pendidikan) terhadap kualitas media monopoli yang dikembangkan termasuk dalam kriteria layak dengan presentase penilaian sebesar 78,21%. Hasil uji coba terbatas pada peserta didik terhadap media monopoli mendapatkan kriteria sangat layak dengan presentase penilaian sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media monopoli yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

 


Keywords


Monopoli, IPS

References


Afifurrohman dan Susarno. 2014. Pengembangan Permainan Monopoli Panakawan dalam Pembelajaran Tematik Integratif Tema Pengalamanku Untuk Kelas I Sekolah Dasar Negeri Temu II Kanor Bojonegoro. Jurnal UNESA Volume 01 Nomor 01 Tahun 2014, 1-7

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cahyo, A.N. 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: Flashbooks.

Jamaludin, Ujang. 2017. Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: CV Nurani.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suprapto, N.A. 2013. Permainan Monopoli sebagai Media untuk Meningkatkan Minat Belajar Tataboga di SM. Jurnal Ilmiah Guru, No.1, Tahun XVII.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lia Khaerunisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id