PEMBELAJARAN TEMATIK (METODOLOGI DALAM ISLAM)

Sedya Santosa, Zahratul Fitria

Abstract


Konsep dasar pembelajaran tematik sebagai salah satu pembelajaran yang menggunakan metodologi dalam Islam. Adapun tujuan dalam karya ilmiah ini mengungkapkan seperti apa konsep dasar dari  pembelajaran yang kontektual atau tematik yang menggunakan suatu metode dalam prespektif islam dan mengapa pembelajaran tematik menjadi suatu konsep pembelajaran bagi anak sekolah dasar maupun anak madrasah ibtidaiyah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian Library Reseach (Kepustakaan) dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis. Adapun dari hasil penelitian ini sendiri menjelaskan tentang bagaimana (1) konsep pembelajaran tematik yang mana merupakan suatu metodologi dalam islam yang berlandaskan pada al-quran terdapat padah surah al-baqarah ayat 129 dan ayat 151 yang mana dalam ayat tersebut sudah dijelaskan bahwasannya dalam suatu pembelajaran yang mengintegralkan suatu pemahaman untuk keterampilan, ilmu, integritas, sikap dan karakter. (2)  pada pembelajaran tematik ini sendiri tentunya sangat tepat untuk diterapkan bagi anak sekolah dasar atau anak madrasah ibtidaiyah tentunya yang mana pembelajaran tematik merupakan turunan dari konsep ilmu dalam islam atau sering disebut dengan (Wahdah Al-ulum) atau dikenal dengan istilah integrasi ilmu, asimilasi ilmu, objetifitas ilmu, dan interkoneksi ilmu. (3) pembelajaran tematik terpadu yang diterapkan dan yang mana semua itu dapat dilihat dari berbagai aspek peseta didik itu sendiri baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik itu sendiri.

 

 


Keywords


pembelajaran tematik dan metodologi dalam islam

References


Andriana, E., Vitasari, M., Oktarisa, Y., & Novitasari, D. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 186–200.

Ardiani, N. F. W., Guna, N. A., & Novitasari, R. (2013). Pembelajaran Tematik dan Bermakna Dalam Perspektif Revisi Taksonomi Bloom. Satya Widya, 29(2), 93–107.

Assingkily, M. S., & Rangkuti, M. (2020). Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19). TAZKIYA, 9(2).

Fahrudin, F. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(4).

Hardiansyah, H., & Sriyanti, S. (2020). Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dasar. Jurnal Bunayya, 1(3), 235–244.

Hendriyani, M. (2016). Alam adalah Sekolah dan Bermain adalah Proses Belajar. Serang: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 64–71.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Karman, K. (2018). KONTRIBUSI AL-QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) DI LEMBAGA PENDIDKAN. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 124–141.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1).

Nomor, U.-U. R. I. (23). Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Widyaningrum, R. (2012). Model pembelajaran tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sedya Santosa, Zahratul Fitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id