PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nurul Sapitri, Guslinda Guslinda, Zufriady Zufriady

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran diorama pada pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar dan mengetahui kelayakan dari media diorama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design ,Develop, Diseminate). Penggembangan ini akan menciptakan suatu produk yang telah disesuaikan dengan Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan yaitu mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan bidang pekerjaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian dengan cara angket dan uji coba. Kelayakan media pembelajaran diorama diperoleh dari hasil validasi dan respon dari siswa dan guru. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba yang dilakukan yaitu uji coba terbatas kepada 23 siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil uji coba oleh validasi materi dengan katagori sangat layak, dan juga  validasi  ahli media dengan katagori sangat layak. Hasil penelitian yang dikembangkanan ini menunjukan bahwa media diorama untuk pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

 

 


Keywords


Media Pembelajaran Diorama; Pembelajaran IPS

References


Amelia, miftah Devi. 2017. Jurnal Penelitian Pendidikan. 20. Hlm: 188

Arsyad,Azhar. 2014. Media Pembelajaran ( Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Daryanto.2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Latifah, Dini 2016.Pengembangan Media Diorama untuk meningkatkan Hasil Belajar Arab di kelas VII MTsN Yogyakarta 1. 2. Hlm.255

Nursyid. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Anak.Jakarta 2 (1). Hlm 125

Sadiman, Arief. 2012. Media Pendidikan ( Pengertin, Pengembangan, dan Pendidikan). Depok: PT Rajgrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian. in sugiono,Metode Penelitian Pendidikan(p.407)Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2012). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenamedia Groub

Sapriya.(2017). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susanto, Ahmad. (2012). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenamedia Groub

Slameto.(2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Thaigarajan. Sivasailam,dkk. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children.Washinton DC: Nasional Center for Improvement Educational System.

Yu suf,Syamsu. Nani M. Sugandhi.( 2011). Perkembangan Pesera Didik.Jakarta: PT RajaGrafindo Persad

Media OfIllustrated StoryBased On A




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurul Sapitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id