KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN

Muawanah Muawanah, Trian Pamungkas Alamsyah, Nana Hendracipta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru dalam menerapkan pendidikan karakter disiplin peserta didik kelas V SD Islam Khalifah Serang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif serta subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V SD Islam Khalifah Serang pada tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan ditunjang dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) guru kelas V Abdullah bin Mas’ud SD Islam Khalifah Serang sudah mengimplementasikan kompetensi kepribadian dalam pembelajaran, serta kompetensi kepribadian yang ditunjukan oleh guru yakni kepribadian guru yang berakhlak mulia dan berteladan bagi peserta didik. (2) selaku guru kelas V Abdullah bin Mas’ud memahami dengan baik mengenai faktor penunjang dan penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter disiplin yakni dengan pemahaman guru dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin, dengan sikap atau keteladanan guru dalam memberikan contoh karakter disiplin, kemudian ada dukungan dari pihak sekolah serta peran orangtua yang sangat penting dalam menerapkan pendidikan karakter disiplin peserta didik. Dan (3) upaya guru dalam menerapkan karakter disiplin pada peserta didik sudah diimplementasikan dengan baik yakni dengan adanya pembiasaan seperti sholat dhuha dan tilawati serta adanya peraturan atau tata tertib pada saat proses pembelajaran yang dilakukan secara daring, kemudian adanya keteladanan yakni keteladanan dapat terbentuk karena kebiasaan-kebiasaan yang telah dilakukan peserta didik.

References


Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Press

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hidayat, S. (2017). Pengembangan Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kesuma, D. dkk. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Majid, A., & Dian, A. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2017). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Noor, J. (2011) Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201-214

Rochman, C., & Warsidi, E. (2011). Membangun Disiplin dalam Mendidik. Jakarta: Putra Setia

Satriami, W., Darmiany, D., & Saputra, H. H. (2021). Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Gugus I Lopok Kota Sumbawa Tahun Ajaran 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar, 1(1), 30-34

Solihat, I., & Riansi, E. S. (2018). Literasi Cerita Anak dalam Keluarga Berperan Sebagai Pembelajaran Pembentuk Karakter Anak Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 258-271.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Taufik, M. (2013). Pengantar Pendidikan. Bandung: CV Mujahid Press

Tu’u, Tulus. (2017). Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Widiasworo, Erwin. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas Panduan Mewujudkan Pembelajaran Efektif dan Berkualitas di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286-295




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muawanah Muawanah, Trian Pamungkas Alamsyah, Nana Hendracipta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id