PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH PINTAR EDUKATIF IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media majalah pintar edukatif, bagaimana kelayakan media majalah pintar edukatif dan bagaimana respon peserta didik menggunakan majalah pintar edukatif pada peserta didik kelas IV MI Al-Khairiyah Pipitan. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan model pengembangan 3D (Theree-D) yang terdiri dari tiga tahapan, tahap penetapan (define), tahap perangcangan (design) dan tahap pengembangan (Development). Untuk menguji kelayakan media pembelajaran ini, dilakukan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh validasi instrumen, ahli media, ahli materi dan bahasa dengan subjek penelitian yaitu 20 peserta didik kelas IV MI Al-Khairiyah. Dari data yang diperoleh, media majalah pintar edukatif ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 92% sehingga mendapat kategori “sangat layak” dan mendapat rata-rata skor sebesar 90% dari respon siswa dan masuk dalam kategori “sangat layak”. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran majalah pintar edukatif ini layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Cecep, Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Diyah Ayu Retnoningsih. 2016. Pengembangan Media Majalah Anak Berbasis Karakter Rasa Ingin Tahu Untuk meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV . UPT Sleman Yogyakart. diakses pada tanggal 18 Desember 2018.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Jamaludin, Ujang dan Reza Rachmatullah. 2017. Pemelajaran Pendidikan IPS. Serang: CV Nurani.
Muhammad Yusuf Setia Wardana dan Suci Lintiasri. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Majinatif . diakses pada tanggal 18 Desember 2018.
Purwanto. 2014. Evaliasi Hasil Belajar. Yogyajarta. Pustaka Belajar. Remaja Rosdakarya
Riduwan. 2015. Rumus dan Data dalam aplikasi Statistika. Bandung:Alfabeta
Riyani. 2013. Pengembangan Majalah Boimagz sebagai Sumber Alternatif Belajar.
Rohman, Muhammad dan Amri, Sofan. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Prestasi pustaka. Jakarta.
Sadiman, Arif. S, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arif . S, dkk. 2012. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana; Rifa’i, Ahmad. 2011. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung:Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Windar Yanti M. Taufik, M.Pd Indhira Asih Vivi Yandari, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id