PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA JANGGALAN KUDUS

Isti Zulfa Nida, Mohammad Kanzunnudin, Khamdun Khamdun

Abstract


Penelitian ini bertujuaan untuk mendiskripsikan peran dan hambatan orang tua dalam proses pembelajaran daring berdasarkan latar belakang pendidikan orang tua dan orang tua karir.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua dan anak usia sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, pencatatan dan transkripsi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran orang dalam pembelajaran daring ini yaitu orang tua sebagai guru di rumah, orang tua sebagai fasilitaor, orang tua sebagai motivator, orang tua memberi pengawasan kepada anak selama belajar dari rumah. 2) hambatan yang dialami orang tua dalam membimbing anak belajar daring yaitu orang tua karir yang harus bekerja seharian di luar mengalami keterbatasan waktu dalam membimbing anak belajar daring, orang tua dengan latar belakang pendidikan yang dasar mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi secara detail kepada anak, orang tua memiliki kendala dalam sarana dan prasarana handphone, dan orang tua tidak sabar dalam membimbing anak belajar daring.

 

 


Keywords


Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, Anak Usia Sekolah Dasar

References


Amaliyah, Aam. (2020). Peran Orang Tua Karir dalam Mengembangkan Karakter Religius Anak. 1 (1), 54-63.

Andrian, Durri., dkk. 2012. Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Anugrahana, Andri. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10. N0. 3. Hlm. 282-289.

Anurraga, Hening Hangesty. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah: UNESA. Vol. 7. No. 3. Hlm. 1-8.

Chusna, Puji Asmaul., dkk. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Peran Orang Tua dn Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere: Journal ofIslamic Elementary Education. Vol. 2. No. 1. Hlm. 11-30.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, Wahyu. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1), 55-61.

Dina, Lia Nur Atiqoh Bela. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 2 (1), 45-52.

Haerudin., dkk. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah sebagai Upaya Memutus Covid-19. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kurniati, E, dkk. (2021). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (1), 241-256.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konlik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Novrinda, K. N, dan Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB. Vol. 2. No. 1. Hlm. 39-46.

Nurlaeni dan Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD. Vol. 2. No. 1. Hlm. 51-62.

Sadikin, A dan Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6 (2), 214-224.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianingsih, Rima. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida. Vol. 3. No. 2. Hlm. 197-211.

Wardani, A dan Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (1), 772-782.

Winingsih, Endang. (2020). Peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh. April 2, 2020. Poskita.co: https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/

Wulandari, W, Zikra, Yusri. (2017). Peran Orang Tua dalam Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 2 (1), 24-31.

Yulianingsih, W, dkk. (2021) Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5. No. 2. Hlm. 1138-1150.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Isti Zulfa Nida, Mohammad Kanzunnudin, Khamdun Khamdun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id