PENGARUH BULLYING TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DI LINGKUNGAN SEKOLAH DI SD NEGERI 066050 JLN. KUTILANG II PERUMNAS MANDALA KECAMATAN MEDAN DENAITAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Maria Enjel Sianipar, Rumiris Lumban Gaol, Saut Mahulae, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bullying terhadap keterampilan sosial anak di SDN 066050 Medan Denai Tahun Pembelejaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif jenis survey. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian,Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 066050 Medan Denai. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh bullying terhadap keterampilan sosial anak di SD Negeri 066050 Medan Denai. Hasil penelitian frekuensi kategori korban bullying bahwa kategori bullying kurang 29,6%, sedangakan 22,2% bullying termasuk kategori tinggi. Serta yang mempunyai presentase pada frekuensi kategori bullying cukup sebesar 18,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku bullying peserta didik di SD Negeri 055981 Beruam kurang. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa pengaruh bullying terhadap keterampilan sosial anak di SD Negeri 066050 Medan Denai dengan kategori perilaku bullying kurang.

 

 


Keywords


Bullying , Keterampilan Sosial Anak

References


Amira, N. (2018). Bullying Dengan Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. 121.

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (S. Arikunto (ed.)). PT. Bumi Aksara.

Ginting, R. (n.d.). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 055981 BERUAM (R. Ginting (ed.); 2020th ed.).

Maiti, & Bidinger. (1981). Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9), 1689–1699.

Racmah, H. (2019). Berpikir Sosial & Keterampilan Sosial (D. H. Racmah (ed.); ke 1). Alfabeta.

SEJIWA. (2008). BULLYING Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak (A. Nusantara (ed.)). PT Grasindo.

Sihombing, S., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 314–322. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i4.20936

Sugiono, P. D. (2018). METODE PENELITIAN Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, cv.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maria Enjel Sianipar, Rumiris Lumban Gaol, Saut Mahulae, Darinda Sofia Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id