UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS III SDN 066050 MEDAN DENAI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Debora A Ningsih Panjaitan, Ester Julinda Simarmata, Anton Sitepu, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada tema perkembangan teknologi di kelas III SDN 066050 Medan Denai tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 066050 Medan Denai. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema perkembangan teknologi subtema perkembangan teknologi produksi pangan pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas III SDN 066050 Medan Denai Tahun Pembelajaran 2020/2021. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 8 orang siswa atau 34,78% sedangkan yang tidak tuntas 15 orang siswa atau 65,22% dengan nilai rata-rata 65,43. Pada siklus II yaitu siswa yang dapat nilai tuntas 19 orang siswa atau 82,60% sedangkan yang tidak tuntas  sebanyak 4 orang siswa atau 17,40% dengan nilai rata-rata 81,56. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan, dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajara TTW hasil belajar siswa terjadi peningkatan pada tema perkembangan teknologi di kelas III SDN 066050 Medan Denai.

 


Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran TTW

References


Akbar, S. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah dasar. PT Remaja Rosdakrya.

Djamarah, S. B. (2018). Psikologi Belajar. In Jakarta: Rineka Cipta. Rikena Cipta.

Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran. Medan Persada.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakrya.

Mulyati. (2007). Pengantar Psikologi Belajar. Aswajaya Pressindo.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajara. Aswajaya Pressindo.

Pulungan, I. & I. (2017). Ensiklopedi Pendidikan. Medan Persada.

Shoinim, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Ar- Ruzz Media978-602-313-017.

Simarmata, E. J. (2019). EFEKTIVITAS BAHAN AJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR BERBASIS BUDAYA LOKAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA. 3(4).

Slameto. (2015). Belajar dans Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta.

Sudirman. (2017). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyino. (2018). Model Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

(Tanjung, HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 24 TANJUNG BUNGA, 2020)

Syah, M. (2017b). Psikologi Belajar (ke 2, p. 64). PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Debora A Ningsih Panjaitan, Ester Julinda Simarmata, Anton Sitepu, Darinda Sofia Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id