ANALISIS PEMBELAJARAN DARING SENI BUDAYA DAN PRAKARYA PADA SISWA KELAS 2 DI SDN KUTAMANEUH KABUPATEN SUKABUMI

Ninda Sumarlin, Irna Khaleda, Luthfi Hamdani Maula

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dalam proses pembelajaran daring seni budaya dan prakarya pada siswa kelas 2 di SDN Kutamaneuh Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, penulis bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Tenkis analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 2 B SDN Kutamaneuh pada tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa yang dianalisis sebanyak 36 orang siswa dari jumlah 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempaun serta guru yang mengajar atau semua yang terlibat dalam proses pembelajaran di kelas 2B. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses pembelajaran siswa yang dilakukan secara daring tetap berjalan dengan baik, meskipun pembelajaran yang dilakukan secara daring ini tidak se produktif pembelajaran pada saat tatap muka. Dalam pembelajaran terdapat 7 komponen penting diantaranya yaitu guru, siswa, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. komponen-komponen tersebut tetap ada pada pembelajaran daring meskipun pada proses pembelajaran komponen-komponen tersebut tidak berjalan secara maksimal, seperti kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran.

 


Keywords


Analisis, Pembelajaran, SBDP

References


Dolong, H.M.J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Jurnal UIN Alauddin, 5(2), 293-300.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Kemenristekdikti, T. (2017). Buku Panduan Pengisi Survei Pembelajaran dalam Jaringan. RISTEKDITI.

Kristanto, A. (2017). “Memahami Paradigma Pendidikan Seni”. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen, Dan Musik Gereja, 1(01), 119–126. https://doi.org/10.37368/ja.v1i01.90

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prabowo, Aan., & S, Heriyanto. (2013). ANALISIS PEMANFAATAN BUKU ELEKTRONIK ( E-BOOK ) OLEH PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 SEMARANG. Program Studi Ilmu Perpustakaan , Fakultas Ilmu Budaya , Universitas Diponegoro Semarang Abstrak. 2.

Purwatiningsih. (2017). Konsep dan Pola Pikir Keilmuan Dalam Pembelajaran Seni Budaya. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Pusparini, D. (2016). Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar Sekbin II Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.

Riyana, C. (2015). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan, 1–43.

Sandi, N. V., & Bumiayu, U. P. (2020). “PROSES BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI SEKOLAH DASAR”. 1(1), 42–52. https://doi.org/10.37729/jpd

Setyorini. (2020). Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurukulum 13 ? Jiemar, 01(Juni), 95–102.

Soetopo, S., & Siahaan, S. (2019). PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V SD NEGERI 11 INDRALAYA. 138–147.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunhaji, S. (1970). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Wati, R., & Iskandar, W. (2020). ANALISIS MATERI POKOK SENI PRAKARYA ( SBdP ) KELAS IV MI / SD. 7(3), 142–159.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ninda Sumarlin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id