MEDIA INFOGRAFIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI GENERASI Z

Vina Nur Afianah, Uswatun Hasanah

Abstract


Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu mengetahui manfaat penerapan infografis sebagai suatu alat bantu atau media dalam melakukan sosialisasi terkait upaya dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan yang salah satunya dapat diwujudkan dengan melakukan kegiatan daur ulang sampah utamanya yang berasal dari jenis sampah plastik seperti botol plastik bekas dijadikan sebagai beberapa barang berguna yang memiliki manfaat dan bisa untuk dijual. MI Tarbiyatul Athfal Lamongan merupakan subjek dalam penelitian, karena sekolah tersebut termasuk salah satu sekolah yang sudah mengimplementasikan infografis. Deskriptif kualitatif merupakan metode dan pendekatan yang digunakan. Sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi termasuk bagian dari teknik analisis datanya. Hasil observasi & wawancara merupakan sumber primer dalam penelitian ini yang didapatkan langsung dari pihak sekolahan dalam hal ini melibatkan kepala sekolah dan guru-guru. Adapun hasil studi pustaka atau literatur yang mendukung juga digunakan sebagai sumber kedua dalam penelitian. Keputusan memilih infografis ini dikarenakan beberapa unsur yang terkandung didalamnya meliputi: struktur bahasa yang jelas dan mudah dipahami serta desain yang menarik. Dengan demikian, akan menumbuhkan minat pembaca untuk membacanya. Kesimpulan yang didapatkan yaitu salah satu alat bantu atau media untuk menjelaskan berbagai informasi yang sekiranya akan membosankan jika disajikan dalam bentuk teks panjang. Maka akan lebih efektif dan efisien jika dikemas dalam bentuk infografis karena selain desain tampilannya yang menarik, bahasa yang digunakan juga singkat, yang tentunya jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga informasi yang hendak disampaikan berhasil diterima dengan cepat.

Keywords


Infografis, Karakter peduli lingkungan, Generasi Z

References


Bungin, Burhan. 2006.. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Creswell, John W. 2016.. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cristiani, Lintang Citra, dkk. 2020.. “Generasi Z Dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi Dalam Perspektif Budaya Jawa”. Universitas Tidar Magelang Utara. 4 (2). 87.

Helmi Henny, dkk. 2018. “Peningkatan Kepedulian Lingkungan Melalui Pembinaan Penerapan Sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle)”. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat). 5 (1),. 4.

Indrajaya, Stefiani Emasurya dkk. 2019. “Tingkat Kepercayaan Generasi Z Terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial”,. Jurnal Komunikasi, (11) 2. 171.

Maslamah, Annisaul Dkk. 2021. “Pelatihan Literasi Lingkungan Dan Pengolahan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Di Sdn Krawitan Yogyakarta”. Jurnal Mahasiswa Fiai-Uii, At-Thullab. 2 (1),. 375.

Nasehuddien, Toto Syatori. 2006. Diktat Metodologi Penelitian. Cirebon: Dept. RI, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN),.

Noor, Juliansyah. 2017. METODOLOGI PENELITIAN: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Pratama, Jefri Nov. 2018. “Tata Kelola Sampah Di Pekanbaru (Studi Kasus Pada Bank Sampah Di Kota Pekanbaru Tahun 2016)”. JOM FISIP 5(1),. 2.

Purwanti, Dwi. 2017. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya, Sdn 1 Pohkumbang Karanganyar Kebumen”. Dwijacendekia: Jurnal Riset Pedagogik. 1 (2),. 15.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo.

Ruslan, Rosady Ruslan. 2016. Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Safitri, Pramudta Ajeng, Dkk. 2018. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Saptodewo, Febrianto. 2014. “Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik”. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Indraprasta Pgri: Jurnal Desain. 1 (3),.194.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suwandi Sumartias, Dkk. 2016. “Prosiding Seminar Nasional “Komunikasi, Informasi, Dan Perpustakaan Di Era Global”. Jatinangor: Fikom Unpad.

Wanda, 2019. “Upaya Indonesia Menanggulangi Limbah Sampah Plastik Dari Belanda”. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau: Jom Fisip 6 (1),. 2.

Wijoyo, Hadion Dkk. 2020. Generasi Z Dan Revolusi Industri. Banyumas: Pena Persada.

Wuryandani Wuri, Dkk. 2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar”. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan. No. 2,. 228.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vina Nur Afianah, Uswatun Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id