PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS NUMERASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Yunita Kristina Pardede, Yuyu Yuhana, Aan Subhan Pamungkas

Abstract


Kemajuan teknologi mendorong guru menjadi guru digital yang mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran abad-21. Pengembangan media video pembelajaran menjadi solusi dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan popular saat ini. Berfikir kritis, sistematis dan logis dalam memecahkan masalah menjadi bagian dari numerasi, sederhananya kemampuan bernalar dalam menggunakan kalimat matematika yang melibatkan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu peneliti membuat pengembangan media video pembelajaran berbasis numerasi untuk siswa sekolah dasar kelas III di SDS Maria Mediatrik pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan meodel penelitian ADDIE (analize, design, develop, implement and evaluate) yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan video pembelajaran, kelayakan video pembelajaran, respon siswa terhadap video pembelajaran dan memberikan bekal pemahaman siswa setelah menggunakan video pembelajaran berbasis numerasi. Berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi video pembelajaran memperoleh 88.33% dengan kategori “sangat layak” untuk dilakukan uji coba. Respon siswa memperoleh rata-rata 97.50% dengan kategori “sangat baik”. Hasil pemahaman menunjukkan rata-rata nilai siswa memperoleh 81.25 sehingga dapat dikatakan “tuntas” melebihi nilai 75 berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah tersebut.

 


Keywords


video pembelajaran, numerasi, sekolah dasar

References


Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The Effect Of A Computer Program Based On Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation (Addie) In Improving Ninth Graders' Listening And Reading Comprehension Skills In English In Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43-51.

Betrus, F. M. (2019). Digital Media For Learning (Theory, Processes And Solution). USA: Springer.

Brunch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Education, A. (2016). Numeracy (Definition, Components And Elements). Retrieved From Education Alberta.

Intisari, I. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(01).

Iriawan, B. (2019). Modul Pembelajaran Di SD Berbasis Tik. Jakarta: Kemendikbud.

Ismailah, I. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Untuk Kelas IV Sdn. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2).

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: GLN (Gerakan Literasi Nasional).

Mulyasa, H. E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.

Nindiawati, D., Subandowo, M. S., & Rusmawati, R. D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140-150.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakara: Pustaka Pelajar.

Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(2), 53-63.

Rizal, F. I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo: 1-6.

Skills, D. O. (2011). Literacy And Numeracy For Learning And Life The National Strategy To Improve Literacy And Numeracy. Marlborough Street : Department Of Education And Skills.

Suryani. (2018). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yunita Kristina Pardede

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id