PENGEMBANGAN BUKU PINTAR BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 02 CISAMPIH LEBAK – BANTEN

Neng Nur Lela

Abstract


: Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang mengkaitkan antara pelajaran yang satu dengan mata pelajaran lainnya. Terutama di SD Negeri 02 Cisampih yang masih kurang optimal dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi, terlebih sekarang ini masih pada situasi pandemi covid-19 yang membatasi jumlah siswa untuk belajar secara langsung di sekolah. Buku Pintar menjadi salah satu alternatif untuk memberikan pemahaman serta menumbuhkan semangat dan motivasi kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Buku Pintar, untuk mengetahui tingkat kelayakan dilakukan uji validitas media pembelajaran berupa Buku Pintar dan mengetahui respon siswa terhadap buku pintar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02 Cisampih dengan subjek penelitian siswa kelas V pada uji coba terbatas yaitu 19 siswa. Jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model research and development (R&D). Model ini terdiri dari 10 tahap yaitu; (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk tahap akhir, (10) produksi massal. Penelitian ini hanya sampai pada tahap 6 yaitu uji coba produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media dengan presentase 86.5% ahli materi dengan presentase 89.5% ahli pendidikan dengan presentase 86.5% dan lembar angket respon siswa sebesar 84%. Berdasarkan analisis validasi data dapat disimpulkan bahwa kualitas Buku Pintar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan hasil respon siswa terhadap Buku Pintar termasuk kategori sangat baik.

 

 


Keywords


buku pintar, pembelajaran tematik, kelas V SD

References


Azhar, A. (2016). Pengembangan Buku Pintar SPT Sebagai Sumber Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Klaten. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Edisi XII, 1 35-36.

Hari, K. (2014). Pengembangan Buku Pintar Metode Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Augmented Reality Pada Smartphone Studi Kasus Mahasiswa Kependidikan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. (2014). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (p. 77).

Ismawati, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting Pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1) 666-668.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu (Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah). Bandung: PT Refika Aditama.

Malpaleni, S., dkk. (2019). Pengaruh Media Buku Pintar Terhadap Pengetahuan Menyikat Gigi Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Proceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan FKIP Unmul I (p. 10).

Pamela, I., & dkk. (2019). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. 4 (2) 246-247.

Purnama, S. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan Literasi Produk Pembelajaran Arab. IV (1) 22.

Rusman, & Kurniawan, D. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Rima, M., dkk. (2019). Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A Melalui Media Buku Pintar di TK Muslimat NU 2 Singosari Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen (pp. 834-835).

Sa'dun, & dkk. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta, CV.

Susilowati, E. (2020). Buku Pintar untuk Peningkatan Prestasi Belajar Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VII C SMP Negeri Wonokerto. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1 (1) 18-19.

Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Neng Nur Lela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id