UPAYA GURU DALAM MENGATASI DISGRAFIA (KESULITAN MENULIS) PADA SISWA KELAS RENDAH

Vera Ironita Christiani Sihombing, Rahman Rahman, Vismaia Sabariah Damaianti

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada upaya guru dalam mengatasi disgarafia (kesulitan menulis) pada siswa kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya guru dalam mengatasi disgarafia (kesulitan menulis) pada siswa kelas rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian berupa uraian secara deskripstif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru-guru yang bersertifikasi dan pernah atau sedang menangani anak disgrafia. Teknik pengumpulan data berupa triangulasi data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket yg pelaksanaan pembagian dan pengisian melalui aplikasi google form.

 

 


Keywords


upaya guru, disgrafia, kelas rendah

References


Iskandarwassid. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Rem

Kharisma, A., Hartati, T., Damaianti, V.S., & Solehuddin, M. (2021). Kesulitan Anak Usia 10-11 Tahun dalam menulis Faktual Ragam Ekplanasi. Jurnal BASICEDU Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 895-902 https://jbasic.org/index.php/basicedu

Novi Resmini, dkk. (2006). Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS

Rahman. (2020). Membaca dan Menulis. Jatinangor: Alqaprint Jatinagor.

Rahman. (2020). Model Mengajar dan Bahan Pembelajaran. Jatinangor: Alqaprint Jatinagor.

Rahman, Tatat Hartati, Decenni Amelia, Rima Rikmasari, Resi Yugafiati, Tri Indri Hardini, Sofyan Sauri. (2020). The Use of Circuit Learning Model in Improving Students’ Writing Skills in Elementary School. Atlantis Press. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 509. 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020).

Rahman, Widya, R. N., Yugafiati, R. (2020). Membaca dan Menulis. Bandung: ALQAPRINT.

Rehana Rahman, Munazza Ambreen. (2018). Concept Mapping for Improving Expository Writing in Second Language. Pakistan Journal of Education Vol. 35, No. 2, 2018, 17-36

Rofi’i, M., & Effendy, M. H. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI di MA Al-Husaini Pasanggar Pegantenan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan, 52–60. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ghancaran/article/view/2986

Sri Yona. (2006). Penyusunan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 10, Nomor 2. Hlm. 76-80.

Suciati Nur Apriyanti, and Rahman. (2020). Gadget-Based Digital Literacy in Learning Writing Skills for Elementary School Students. The 3rd International Conference on Elementary Education (ICEE 2020) Volume.

Suhartono. (2016). Pembelajaran Menulis Untuk Anak Disgrafia di Sekolah Dasar.nJurnal Transformatika, 12(1), 107–119. https://doi.org/10.31002/transformatika.v12i1.204

Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vera Ironita Christiani Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id