POLA ASUH ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KETILENGSINGOLELO JEPARA

Sifa Nurrahmawati, Murtono Murtono, Ika Ari Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran daring siswa kelas IV di Ketilengsingolelo dan bentuk pola asuh yang diterapkan oleh orang tua selama pembelajaran daring diberlakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran daring siswa kelas IV selama pandemi covid-19 berjalan seperti sebelumnya, yaitu belajar dari hari senin sampai sabtu melalui aplikasi whatsapp. Aktivitas siswa dan guru dalam whatsapp group di antaranya: penyampaian materi dari guru, pemberian tugas yang berasal dari LKS maupun tugas pembuatan video, dan pengumpulan tugas berupa foto hasil jawaban maupun pengumpulan tugas berupa video. (2) pola asuh yang diterapkan orang tua yaitu empat orang tua menerapkan pola asuh demokratis dan satu orang tua menerapkan pola asuh otoriter. Pola asuh demokratis dan otoriter sama-sama memberikan dampak yang positif bagi siswa terutama selama pembelajaran daring. Aktivitas siswa di rumah menjadi lebih teratur, belajar menjadi orang yang disiplin dan bertanggung jawab atas tugasnya. Tidak ada perbedaan dalam penerapan pola asuh orang tua selama pembelajaran daring. Orang tua tetap menerapkan pola asuh yang sama dengan sebelum terjadinya pandemi covid-19.

 

 


Keywords


pola asuh, pembelajaran daring

References


Adawiah, Robiatul. 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol.7 No. 1.

Agustiawati, Isni. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas IX IPS SMA Negeri 26 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Anggraini dkk. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No. 1.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2018. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Cinta Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1.

Fitriani. 2018. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membangun Karakter Anak di Lingkungan Masyarakat Awang-awang Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makasar: Sulawesi Selatan.

Hapsari, Estima Titi, Diana Endah Handayani dan Singgih Adhi Prasetyo. 2019. Pola Asuh Orang Tua Dalam Menerapkan Kedisiplinan Siswa Kelas IV di SD Negeri Lobang 01 Batang. Jurnal Basicedu Vol. 3 No. 3.

Jumiatmoko. 2016. Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademia Vol. 3 No. 1.

Kunang, Yesi Novaria dan Anggie Khristian. 2016. Implementasi Prosedur Forensik untuk Analisis Artefak Whatsapp Pada Ponsel Android. Prosiding Annual Research Seminar 2016 Vol.2 No. 1.

Masni, Harbeng. 2017. Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Dikdaya.

Moelong, Lexy. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Muslima. 2015. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. International Journal of Child and Gender Studies Vol. 1 No. 1.

Puta, Ilham Andika, Cecep Darmawan dan Syaifullah Syam. 2018. Pola Asuh Otoriter-Demokratis Dalam Menanamkan Pendidikan Anti Korupsi. Sosietas Vol. 8 No. 1.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Saputra, Dwi Karunia dan Dian Ratna Sawitri. 2015. Pola Asuh Otoriter Orang Tua dan Agresivitas Pada Remaja Pertengahan di SMK Hidayah Semarang. Jurnal Empati Vol. 4 No. 4.

Sari, Desi Kurnia, Sri Saparaharuningsih, dan Anni Suprapti. 2018. Pola Asuh Orang Tua Pada Anak yang Berperilaku Agresif (Studi Deskriptif Kuantitatif di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 3 No. 1.

Suana dan Firdaus. 2014. Pola Asuh Orangtua Akan Meningkatkan Adaptasi Sosial Anak Prasekolah di RA Muslimat NU 202 Assa’Adah Sukowati Bungah Gresik. Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol.7 No. 2.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif). bandung: Alfabeta.

Tsaniyah, Naimatus. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Dampak Covid-19, [online], (http://radarjogja.jawapos.com//2020/05/27 pembelajaran-daring-di-tengah-dampak-covid-19)

Udampo, Ana Stevi, Franly Onibala dan Yolanda B. Bataha. 2017. Hubungan Pola Asuh Permisif Orang Tua Dengan Perilaku Mengkonsumsialkohol Pada Anak Usia Remaja di Desa Bulude Selatan Kabupaten Talaud. E-Jorunal Keperawatan Vol. 5 No. 1.

Wahy, Hasbi. 2012. Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Didaktika Vol. XII No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sifa Nurrahmawati Sifa Nurrahmawati, Murtono Murtono Murtono, Ika Ari Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id