TRADISI BUKA LUWUR DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA KALIWUNGU

Nisa Indarti, Sri Utaminingsih, Sekar Dwi Ardianti

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Tradisi Buka Luwur yang ada di Desa Kaliwungu dan menemukan nilai-nilai karakter yang ada didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Objek penelitian ini adalah Tradisi Buka Luwur di Desa Kaliwungu, sedangkan subjeknya adalah masyarakat Desa Kaliwungu. Sasaran penelitian ini adalah juru kunci makam, pengurus Tradisi Buka Luwur, tokoh masyarakat Desa Kaliwungu, ketua RW dan anak-anak SD di Desa Kaliwungu. Data didapatkan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan pencatatan. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu masyarakat Desa Kaliwungu dan anak-anak SD di Desa Kaliwungu. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Pelaksanaan Tradisi Buka Luwur ditandai dengan pelepasan luwur, selametan bubur suro dan santunan yatim piatu, khotmil qur’an bil ghoib dan bin nadlor, pembagian nasi berkah dan terakhir pemasangan luwur kembali disertai do’a bersama. Tradisi Buka Luwur dengan nilai karakternya membawa pengaruh yang besar bagi kehidupan masyarakat Desa Kaliwungu terutama untuk anak-anak sekolah dasar. Keberlangsungan Tradisi Buka Luwur dengan nilai-nilai religius, peduli sosial, peduli lingkungan, gotong royong dan kerjasama yang ada didalamnya membawa pengaruh terhadap perkembangan karakter anak dalam kehidupan sehari-hari.

 

 


Keywords


tradisi, buka luwur, nilai pendidikan karakter

References


Ardianti, Sekar Dwi., Wanabuliandari, Savitri., & Raharjo, Susilo. (2017). Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Siswa melalui Model EJAS dengan Pendekatan Science Edutaiment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: IV (1), 1-7.

Elly M. Setiadi. 2007. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Cet.II: Jakarta.

Fitriah. 2019. Nilai Kearifan Lokal dalam Tradisi ”Ngobeng” di Desa Seri Bandung Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Jurmal Kebudayaan dan Sastra Islam: 19 (2), 39-49.

Hidayatullah, Anisatun., Su’ad, & Kanzunuddin, Mohammad. 2020. Analisis Stuktur, Fungsi, dan Nilai pada Folklor Nawangsih untuk Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kredo: 4 (1), 148-167.

Ismaya, Erik Aditia., Fathurohman, Irfai., & Setiawan, Deka. (2017). Makna dan Nilai Buka Luwur Sunan Kudus (Sumbangan Pemikiran Mewujudkan Visi Kampus Kebudayaan). Jurnal Kredo: 1 (1), 44-53.

Kanzunuddin, Mohammad. 2012. Peran Sastra dalam Pendidikan Karakter, Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan. Pendidikan untuk Kejayaan Bangsa. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta, 26 Juni 2012.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta.

Koentjaningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologo. Jakarta: Rineka Cipta.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1992). Analisis data kualitatif (diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta. UI Press.

Moleong, Lexy. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Nuha, Ulin. 2016. Tradisi Ritual Buka Luwur (Sebuah Media Nilai-nilai Islam dan Sosial Masyarakat Kudus). Jurnal Smart Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi: 02 (01), 56-64.

Rachmadyanti, Putri. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kearifan Lokal. JPSD: 3 (2), 201-214.

Silkyanti, Fella. 2019. Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Journal: 2 (1), 36-42.

Sri Indrahti, Siti Maziyah, dan Alamsyah. 2018. Makna Simbolis dan Filosofis Kuliner Tradisional pada Upacara Tradisi di Kudus. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi: 2 (1), 88-101.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulhan, Muhammad. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Visipena: 9 (1), 159-172.

Teng, H.Muhammad Bahar Akkase. 2017. Filsafat Kebudayaan dan Sastra (Dalam Perspektif Sejarah). Jurnal Ilmu Budaya: 5 (1), 69-75.

Tylor, E. B. (1871). Primitive Culture. London; John Murray.

Yulianti, Silvy Dwi., Djatmika, Ery Tri., & Santoso, Anang. 2016. Pendidikan Karakter Kerjasama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS: 1 (1), 33-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nisa Indarti Nisa Indarti, Sri Utaminingsih Sri Utaminingsih, Sekar Dwi Sekar Dwi Ardianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id