THE INTENSITY OF USING GADGETS AND PARENT CONTROLS IN RT 02 / RW 04 DESA TAMBAHAGUNG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ayu Isti Prabandari, Lintang Ratri Rahmiaji (2019) Komunikasi Keluarga Dan Penggunaan Smartphone Oleh Anak. Semarag : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro
Edy, A. 2015. Ayah Edy Menjawab Problematika Orangtua ABG dan Remaja. Jakarta: Noura Book Publising
Eka Anggraini. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing.
Febrino. (2017). Tindakan Preventif Pengaruh Negatif Gadget terhadap Anak. Noura. Vol 1 No(1). https://doi.org/10.32923/nou.v1i1.81 diakses pada 13 Deseber 2020
John, D. (2018, May 18). Pengertian Anak Usia Dini Menurut Beberapa Cendekiawan. SILABUS. https://www.silabus.web.id/anak-usia-dini pada tanggal 15 Desember 2020
Layyinatus Syifa, Eka Sari Setianingsih, Joko Sulianto.(2019) Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 3, No 4. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22310 diakses pada 1 januari 2021
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama
Novitasari, Wahyu. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS
Prasanti, D. (2016). Perubahan media komunikasi dalam pola komunikasi keluarga di era digital. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, Vol 1 No (1), 69-81. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/commed/article/view/115 diakses pada 20 Desember 2020
Priantari Swatika, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak,”Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, Vol 2 No (1), 2018. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Holistika/Article/View/2878
Puji Asmaul Chusn. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Vol. 17, No. 2. file:///C:/Users/HARIR/Downloads/Documents/842-Article%20Text-1806-1-10-20180127_3.pdf diakses pada 12 desember 2020
Putri Hana Pebriana. (2017) Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol Volume 1 Issue 1, Pages 1 – 11. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/26/24 diakses pada 3 januari 2021
Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gawai dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Vol 5 No (2), 722-731. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4821 diakses pada 15 desember 2020
Tesa Alia. (2018) Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT Vol.14 No.1. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.639 diakses pada 12 desember 2020
Tria Puspita Sari , Amy Asma Mitsalia. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Jurnal : PROFESI, Vol 13, No 2. https://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/view/124/111 diakses pada 12 desember 2020
Wendi, et al.2015 .young school children’s use of digital gadgets and parental rules. jurnal Telematicsl and Informatics. homepage: www.elsevier.com/locate/tele diakses pada 6 desember 2020
Widiawati & Sugiman. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. [Online] Diakses dari laman http://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads/2014/05/ARTIKELIIS pada tanggal 15 Desember 2020
Wijanarko, Jarot. (2016). Ayah Ibu Baik Parenting Era Digital. Jakarta Selatan, Keluarga Indonesia Bahagia
Yohannes Marryono Jamun, Heronimus E. A. Wejang, Rudolof Ngalu. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Sma Di Kecamatan Langke Rembong. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol 3, No 1. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/201 diakses pada 12 januari 2020
Yusmi Warisyah. (2015). Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang Tua dalam Penggunaan Gadet pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Zuli Dwi Rahmawati. (2020). Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol.3 No.1 Januari 2020. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1910 dikses pada 23 november 2020
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Windi Widyayati, Deka Setiawan, Siti Masfuah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id