PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENANAMKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran guru dalam memanfaatkan perpustakaan untuk menanamkan minat membaca siswa kelas III SDN Kadumerak 1. Metode yang digunakan pada penelitian ialah metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, pengamatan langsung dan dikumentasi. Hasil penelitiannya bahwa peran guru dalam memanfaatkan perpustakaan untuk menanamkan minat membaca siswa kelas III SDN Kadumerak 1 pada proses pembelajaran guru sudah “memahami” dan memberikan dampak yang positif terhadap siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung dan siswa memiliki kebiasaan kegiatan membaca sebelum pembelajaran dimulai.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali, Mudlofir. 2012. Pendidik Profesional. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
A.M Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto, & Tasrial. (2015). Pengembangan Karir Profesi Guru. Yogyakarta: Gava Media.
Hosnan M, Dipl.Ed. M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia 2016.
Hosnan M, Dipl.Ed., M.Pd. 2016. Etika Profesi Pendidik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia 2016.
Husien, Latifah. 2017. Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: PT. Pustaka baru Press.
Library, binus. 2011. Perpustakaan. Bab II. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-00960-DI%20Bab2001.pdf 09 febuari.
Moleong, lexy J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Mutia, Anissa. 2010. Minat Baca Anak Indonesia Memprihatinkan.
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/07/07/123680-minat-baca-anak-indonesia-memprihatinkan 08 Juli.
Nafisah, Aliyatin. 2014. Arti Penting Perpustkaan Bagi Upaya peningkatan Minat Baca Masyarakat. Stain Kudus 2 (2).
Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada
Saud, Udin Syaefudin. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suparlan, (2006). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Taufik M. 2013. Pengantar Pendidikan. Bandung: CV. Mujahid press.
Uhar Suharsaputra. 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidkan. Bandung: Refika ditama.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 St. Erfi Yulvira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id