PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK SEKOLAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Aisyah, S., dkk. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. JURNAL BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 2 (1), 33-42. http:// stkiptam.ac.id/indeks.php/basicedu
Duha, R., & Widiastuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing di Kelompok Bermain. Satya Widya, 34(1), 77–87. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p77-87
Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husen, & Widodo, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Agama Bagi Siswa Berkemampuan Rendah Melalui Penerapan Model Cooperative Team Games Tournament. Progres Pendidikan, 1(3), 203–216. Retrieved from http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/download/23/27
Indraswati, D., Widodo, A., Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Erfan, M. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak dan Keluarga di SDN 2 Hegarsari, SDN Kaligintung, dan SDN 1 Sangkawana. JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 7(1), 51–62.
Jovita, E. M. M. (2017). Upaya Meningkatka Keaktifan dan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Materi Membuat Jurnal Umum Pada Perusahaan Jasa Melalalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.
Mayani. (2017). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 34 Cakranegara Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Mataram.
Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Pena Ilmiah, 1(1), 611–620. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992
Semiun, Y., & OFM. (2006). Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud (5th ed.). Yogyakarta: Kanisius.
Widodo, A. (2020a). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6359
Widodo, A. (2020b). Penyimpangan Perilaku Sosial Ditinjau dari Teori Kelekatan Bowlby (Studi Kasus Terhadap Anak Tenaga Kerja Wanita di Lombok Barat). ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 35–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19105/ejpis.v1i2.3187
Widodo, A. (2020c). Proses Internalisasi nilai-nilai Karakter Madrasah Inklusi ( Studi Deskriptif di MI NW Tanak Beak Lombok Barat ). Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.562
Widodo, A., Maulyda, M. A., Fauzi, A., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Umar, U. (2020). Tolerance Education Among Religious Community Based on the Local Wisdom Values in Primary Schools. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 465(Access 2019), 327–330. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.082
Zuina, M. N., Hosnan, M., & Taufik, M. (2020). The Application Of Active Learning Model Type Card Sort Toward Learning Outcomes Of Social Studies In 4th Grade Students. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 377–386. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i3.7904
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Miftahul Hayatun, Nurhasanah Nurhasanah, Siti Istiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id