PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harsanti, A. G. (2016). Integrasi Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Sd. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(02). https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.282
Nainggolan, E. Y. (2019). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Mimbar, 2(December), 2–8.
Nurdiansyah, N., & Amalia, F. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran Ipa Materi Komponen Ekosistem. Jurnal Biologi, 1(1), 1–8. https://eprints.uns.ac.id/1083/1/1896-4270-1-SM.pdf.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27.
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619.
Saputra, B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Tangga Dengan Pokok Bahasan Masuknya Kebudayaan Hindu-Buddha Di Indonesia Dalam Rangka Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas VII Smp Satu Atap N 1 Beketel Tahun 2019 Skripsi.
Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Tersedia: Http://Akhmadsudrajat. Wordpress. Com/2008/09/12/Pengertian-Pendekatan-Strategi-Metode-Tekniktaktik-Dan-Model-Pembelajaran/.[20 Oktober 2008], 1.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Supardan, D. (2017). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8052
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sinta Maria Dewi, Haerudin Haerudin, Siti Hasanah, Danial Kusumah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id