KARAKTER RASA HORMAT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SD 7 HADIPOLO

Putri Sukrotin Ni'mah, Imaniar Purbasari, Deka Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk penanaman karakter rasa hormat dalam pembelajaran tematik siswa di kelas III SD 7 Hadipolo. Fokus utama dari penelitian ini yaitu upaya guru dalam penanaman karakter rasa hormat dalam pembelajaran tematik siswa di kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Siswa kelas III. Adapun objek penelitian ini adalah penanaman karakter rasa hormat siswa dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter rasa hormat yang guru lakukan dalam pembelajaran tematik diantaranya dengan menciptakan suasana yang kondusif, pembiasaan, pengintegrasian dalam pembelajaran, keteladanan dan pemberian punishment. Nilai karakter rasa hormat yang dimiliki siswa tertanam dan diberlakukan dalam pembelajaran tematik dikelas. Bentuk perilaku rasa hormat yang dimiliki siswa diantaranya: siswa selalu memberikan salam ketika bertemu dengan guru, jujur dalam mengerjakan tugas, hormat dan sopan terhadap guru, bertoleransi, berteman dengan teman yang berbeda agama dan lainnya. Sedangkan faktor yang mempengaruhi guru dalam menanamkan karakter hormat siswa yakni dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekitarnya.

 


Keywords


Rasa Hormat, Pembelajaran Tematik

References


Alfin, Jauharoti. (2015). Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqah Nasional dan Seminar Internasional Pendidikan Islam.

Amin Muhammad. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Lembaga Pendidikan. TADBIR Jurnal Studi Managemen Pendidikan, 1 (1).

Bungin, Burhan. (2015). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Cahyono, Hadi. (2015). Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2), 5-12.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Herdiansyah, Haris. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Lickona, Thomas. (2013). EDUCATING FOR CHARACTER. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandarizqy, Mei. (2015). Pembentukan Karakter Sikap Hormat Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari-Pasuruan. Skripsi. Malang: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Sukrotin Ni'mah, Imaniar Purbasari, Deka Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id