META ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Manajemen kelas merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar dengan
manajemen kelas yang tepat dan benar siswa akan merasa nyaman dan senang saat menerima materi
pembelajaran sehingga hasil belajar pun diharapkan akan lebih baik dengan manajemen yang tepat,
oleh karena itu seorang pendidik diharapkan dapat menguasai manajemen kelas dengan baik. Tujuan
dilakukan penelitian ini adalah guna menganalisis pengaruh manajemen kelas dengan hasil belajar
peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian meta-analisis.
Sedangkan teknik dalam pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa artikel yang
terdapat pada google scholar. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis
pembanding. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengaruh manajemen kelas terhadap hasil
belajar siswa di Sekolah Dasar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan tingkat
persentase 77.8%. Hasil penelitian dari artikel yang dianalisis memiliki pengaruh positif, sedangkan
22.2 % hasil penelitian yang dianalisis menyatakan tidak ada pengaruh karena ada factor lain yang
mempengaruhi hasil belajar peserta didik tidak dari manajemen kelas yang diterapkan pendidik.
Rekomendasi penelitian ini adalah 1) hendaknya guru menguasai manajemen kelas yang tepat, baik
dan sesuai dengan peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar, 2)
bagi peneliti lain, hendaknya ada penelitian lanjutan yang terkait dengan hasil penelitian ini sehingga
bisa digunakan sebagai dasar penelitian lanjut.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahor, A., Syahrudin, H., & Utomo, B. B. Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi SMA Santun (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Aini, R., Asriati, N., & Utomo, B. B. (2014). Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 8 Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 9–18. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
Amaliah, A. S. R., Yahya, M., & Afiif, A. (2019). Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Watansoppeng. KELOLA: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 1-8.
Burhanuddin, B., & In, H. (2019). Penerapan Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Kemempuan Kerja Sama Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 62-73.
Cahyawati, R., & Sholeh, M. (2020). Pengaruh Higher Order Thinking Skills (Hots) Dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 28 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(1).
Coring, F. B., & Nafiah, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Cambridge Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Child Education Journal, 1(Juni), 8–19. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.863
Efendi, R., Gustriani, D., & Siregar, P. S. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Negeri 002 Kecamatan Rambah Samo. Jurnal Basicedu, 3(2), 788-794.
Erpidawati, E., & Susanti, E. (2019). Kontribusi Pengelolaan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kesehatan Dan Mipa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 4(1), 70-77.
Fadlilah, F., Achmad, A., & Pramudiyanti, P. (2014). Korelasi Antara Manajemen Kelas Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(4).
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(2), 46-49.
Hidayat, M. A. (2018). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Medan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 66-92.
Idawati, I. (2019). Hubungan Manajemen Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(1), 29-33.
Khofifah, N. (2016). Pengaruh Manajemen Kelas Dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Kurniawan, A. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Iv. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 29(1), 61-70.
Mauludin, E., Syamsiati, S., & Sabri, T. (2013). Korelasi Keterampilan Guru Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pembelajaran Bahasa Indonesia (Doctoral Dissertation, Tanjungpura University).
Milla, M. N. (2002). Pengaruh Terpaan kekerasan media audio-visual pada kognisi agrsesif dan afeksi agresif studi meta-analisis. Jurnal Psikologi UGM, 33(2), 1–8.
Misyanto, M. (2015). Pengaruh Manajemen Kelas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Anterior Jurnal, 14(2), 186-193.
Muharrammi, M., Mashudi, M., & Witarsa, W. Pengaruh Manajemen Kelas Tehadap Hasil Belajar Akuntansi di Man 2 Fili'al Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Nafiah, Bafadal, I., Supriyanto, A., & Arifin, I. (2019). Artistic supervision model development for improved pedagogic competence of primary school teachers | [İlköğretim okulu öğretmenlerinin geliştirilmiş pedagojik yeterliliğine yönelik sanatsal denetim modeli geliştirme]. Elementary Education Online, 18(3), 1260–1286. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.612140
Nafiah, N., & Hartatik, S. (2020). Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. 5(April), 9–23. https://doi.org/10.33086/ehdj.V5i1.1486
Nur, B. M. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Manajemen Kelas Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Kelas X Ips Sma Negeri 3 Wonogiri. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 8(1), 51-62.
Puspitaningdyah, D. O. (2018). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas Dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Sd. Joyful Learning Journal, 7(1), 39-47.
Qomarudin, A., Hanif, M., & Faisol, A. (2019). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Kota Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 18-24.
Rosdiana, R., Nuryamin, N., Rasyid, M. R., & Afiif, A. (2017). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(1), 112-126.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7984
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Zahrotun Nafisah, Nafiah Nafiah, Muhammad Thamrin Hidayat, Sri Hartatik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id