PENGARUH PENERAPAN STRATEGI GRAPHIC ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS CERITA DONGENG PADA KELAS IV SDN 37 PEKANBARU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Andriani.(2016). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Dengan Model Inside Outside Circle Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pepatuzdu, 11(1), 25.
Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Buku Siswa Tema 8 “Tempat Tinggalku” kelas 4 (tematik terpadu kurikulum 2013, jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Coughlin, C.(2010). The Other Side Of The Story : Using Graphic Organizers as Coognitive Learning Tools to Teach Students to Construct Effective Counter-Analysis. Journal Wake Forest University, 39(2),75.
Githua, N. B.(2008) Effects Of Advance Organizer Strategy During Instruction on Secondary School Students’ Mathematics Achievement in Kenyas Nakuru district. International Journal Of Science and Mathematics Education, 6(3), 439.
Ilter, I. (2016). The Power of Graphic Organizers: Effects on Students’ Word-learning and Achievement Emotions in Social Studies. Australian Journal Of Teacher Education, 41(1),77.
Iskandarwassid dan Sunendar, D .(2011).Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kurniaman, O dan Charlina. (2018). Pembelajaran membaca dengan graphic organizer di sekolah dasar. Pekanbaru : UR PRESS.
Kurniaman, O., & Zufriady. (2019). The Efectiveness of Teaching Materials for Graphic Oragnizers in Reading in Elementary School Students. Journal of Educatiobal Sciences, 3(1), 48- 62.
Mahmuda, M. F.(2011). Penerapan Strategi Graphic Oganizer untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang, 9(23), 55.
Mercuri, P. S. (2010). Using Graphic Organizer as A Tool for the Development of Scientific Language. Gist: Education Learning Journal, 4(1), 45-46.
Miftah, R. (2016). Penggunaan Graphic Organizer dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Fibonacci, 2(2),74.
Nurdianingsih, F. (2014). Efektivitas Penggunaan Graphic Organizer untuk Mengajar Membaca Dilihat Dari Motivasi Siswa. Jurnal stkip pacitan, 6(23),17.
Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Rahmasri, B. (2017). Penggunaan Graphic Organizer (GO) dalam Telaah Kemampuan Membaca Mahasiswa Semester II IKIP PGRI Madiun. Jurnal Universitas PGRI Madiun, 5(10),270-271.
Resmini, N., dkk. (2006). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : UPI PRESS
Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yari, I. (2012). 7 Kekuatan Dongeng. Majalah PAUDNI: Dongeng Bentuk Karakter Anak). Edisi VII Tahun 2012. Jakarta: Kemdikbud.
Zaini, S.H., Mokhtar, S.z & Nawawi, M. (2010). The Effect Of Graphic Organizer On Students’ Learning in School. Malaysian Journal of Educational Technology, 10(1),21.
Zubaidah, E. (2006). Teknik Mendongeng dan Manfaat Dongeng Bagi Anak. Jurnal Buletin PADU, 5(10), 24.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7852
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fatimah Ully Artha Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id