Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPS Menggunakan Model PENTAS Berbasis TPACK
Abstract
Keywords
References
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 42. Dipetik Desember 23, 2022
Dervent, F. (2015). The Effect Of Reflective Thinking On The Teaching Practies Of Preservice Phisycal Education Teachers. Issues in Educational Research, 25(3), 260-275. Dipetik April 6, 2023
Habibah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 58. Dipetik Juni 1, 2022
Hayati, F., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1813-1814. Dipetik Juni 1, 2022
Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 921-923. Dipetik April 9, 2023
Metroyadi, & Maulida, N. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Mengenal Pentingnya Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Divariasikan Dengan Model Course Review Horay Di Kelas IV SDN 2 Cempaka Banjarbaru. Paradigma-Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 49. Dipetik April 7, 2023
Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilam Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 127. Dipetik Juni 1, 2022
Nilayanti, P., Suastra, I., & I.M.Gunamantha. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 35. Dipetik Desember 23, 2022
Nurhayani, Yuanita, S. K., Permana, A. I., & Eliza, D. (2022). TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Basicedu, 6(1), 181.
Oennus, T. O., Erni, & Habibie, R. K. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika. Oennus, 7(5), 4. Dipetik September 17, 2022
Oktaviani, A. M., Marini, A., & Fitriyani. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah PGSD, 6(2), 102. Dipetik Juni 22, 2023
Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Curere, 4(1), 35. Dipetik September 17, 2022
Parni. (2020). Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasiona, 3(2), 97. Dipetik Juni 22, 2023
Purbayanti, R. L., Suherdiyanto, & Veriansyah, I. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Stident Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 03 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 23. Dipetik April 7, 2023
Rahmad, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 67. Dipetik Januari 17, 2023
Rizana, D. P. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa SD Melalui Pengelolaan Pembelajaran Problem Based Learning. Manajer Pendidikan, 11(2), 193. Dipetik April 7, 2023
Saradela, K., Hannan, L., Suraya, & Syaharuddin. (2021). Tingkat Keberhasilan Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division: Sebuah Meta-Analisis. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 2. Dipetik April 9, 2023
Sumini. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di SDN 001 Kempas Jaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1259. Dipetik April 7, 2023
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
Suriasyah, A., Aslamiah, & Sulistiyana. (2015). Profesi Kependidikan "Presfektif Guru Profesional". Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v13i1.10082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fatimah Azzahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id