Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPS Menggunakan Model PENTAS Berbasis TPACK

Fatimah Azzahra, Muhammad Saleh

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan dampak dari peserta didik kurang memiliki semangat dan motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Selanjutnya, pemahaman peserta didik terhadap suatu materi lambat dan kurang menguasai merupakan dampak dari peserta didik kurang terlatih memahami konsep pelajaran yang diajarkan serta model pembelajaran yang digunakan guru hanya ceramah. Solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan model pembelajaran PENTAS (Problem Based Learning, Example Non Example, Talking Stick) dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas belajar peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan pada aktivitas guru di pertemuan 1 sampai pertemuan 4 mengalami peningkatan dengan skor 16 menjadi 32. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 mengalami peningkatan dengan skor 41% menjadi 100%. Kemudian, untuk ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 mengalami peningkatan dengan mencapai 100% pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PENTAS dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas belajar peserta didik, dan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model PENTAS

References


Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 42. Dipetik Desember 23, 2022

Dervent, F. (2015). The Effect Of Reflective Thinking On The Teaching Practies Of Preservice Phisycal Education Teachers. Issues in Educational Research, 25(3), 260-275. Dipetik April 6, 2023

Habibah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 58. Dipetik Juni 1, 2022

Hayati, F., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1813-1814. Dipetik Juni 1, 2022

Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 921-923. Dipetik April 9, 2023

Metroyadi, & Maulida, N. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Mengenal Pentingnya Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Divariasikan Dengan Model Course Review Horay Di Kelas IV SDN 2 Cempaka Banjarbaru. Paradigma-Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 49. Dipetik April 7, 2023

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilam Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 127. Dipetik Juni 1, 2022

Nilayanti, P., Suastra, I., & I.M.Gunamantha. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 35. Dipetik Desember 23, 2022

Nurhayani, Yuanita, S. K., Permana, A. I., & Eliza, D. (2022). TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Basicedu, 6(1), 181.

Oennus, T. O., Erni, & Habibie, R. K. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika. Oennus, 7(5), 4. Dipetik September 17, 2022

Oktaviani, A. M., Marini, A., & Fitriyani. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah PGSD, 6(2), 102. Dipetik Juni 22, 2023

Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Curere, 4(1), 35. Dipetik September 17, 2022

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasiona, 3(2), 97. Dipetik Juni 22, 2023

Purbayanti, R. L., Suherdiyanto, & Veriansyah, I. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Stident Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 03 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 23. Dipetik April 7, 2023

Rahmad, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 67. Dipetik Januari 17, 2023

Rizana, D. P. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa SD Melalui Pengelolaan Pembelajaran Problem Based Learning. Manajer Pendidikan, 11(2), 193. Dipetik April 7, 2023

Saradela, K., Hannan, L., Suraya, & Syaharuddin. (2021). Tingkat Keberhasilan Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division: Sebuah Meta-Analisis. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 2. Dipetik April 9, 2023

Sumini. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di SDN 001 Kempas Jaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1259. Dipetik April 7, 2023

Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.

Suriasyah, A., Aslamiah, & Sulistiyana. (2015). Profesi Kependidikan "Presfektif Guru Profesional". Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v13i1.10082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatimah Azzahra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id