THE USE OF THE PENA E-BOOK (KEPEMIMPINAN NABI MUHAMMAD SAW) AS A MEDIA FOR LEARNING ISLAMIC POLITICS IN ELEMENTARY SCHOOL

Fitriah Erza Nurrohmah, Vera Hagita Sari, Anisa Rahma Salsabilla, Ani Nur Aeni

Abstract


Artikel ini membahas tentang Penggunaan E-Book PENA (Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW) Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam di SD. Tujuan penelitian  adalah untuk memberikan informasi yang akurat terkait keefektifan e-book PENA (Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW) dalam meningkatkan pemahaman siswa SD terhadap kepemimpinan  Nabi Muhammad SAW. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Design & Development (D&D). E-Book PENA (Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW) diujicobakan kepada siswa SDN 1 Kebarepan kelas IV. Dan kemudian ahli materi mendapatkan penilaian terhadap pengembangan media yang digunakan. Berdasarkan penilaian produk, diperoleh validasi dari ahli materi dengan rata-rata sebesar 100% terkait isi materi dan kualitas media Hasil dari penelitian ini baik, karena penilaian dari guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menunjukkan rata-rata sebesar 100%. Hal tersebut membuktikan bahwasannya E-Book PENA (Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW) Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam di SD sangat cocok digunakan oleh siswa di sekolah dasar khususnya sebagai media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi bahan ajar kepada siswa.


Keywords


E-Book, Kepemimpinan, Nabi Muhammad SAW, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N., Djuanda, D., Nursaadah, R., Baliani, S., & Sopian, P. (2022). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 6 Desember 2022 Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Development of Word Wall Educative Game As Learning Media To Understand Islamic Religious Education Learning Subjects for Eleme. 11, 1835–1852.

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Aeni, A. N., Khulqi, R., Latifa, D. A., & Inayah, A. N. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran “Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin” Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 979. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1097

Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Charis, M., Ammar, M., Wijokongko, D., & Al-Hafizd, M. F. (2020). Kategori Kepemimpinan dalam Islam. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 171–189. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/491/282

Ekasari, P. N. (2014). Matapelajaran Sejarah Melalui Model Vct ( Value Clarification Technique ). 192–198.

Fitri Wahyuni, & Binti Maunah. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.51

Francisca, F., Zahra, J. O. V., Anggraeni, S. H., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan E-book BUDIMAS “Buku Digital Agama Islam” untuk Pembelajaran PAI pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5268–5277. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3043

J. Ellis, T., & Levy, Y. (2010). A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods. Proceedings of the 2010 InSITE Conference, March, 107–118. https://doi.org/10.28945/1237

Johari, S. (2018). Teori Pembelajaran. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1).

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-

Luviana, R., Nuryani, D., Maulida, S. A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Ashatal (Arahan Shalat Digital) Bagi Siswa Kelas Ii Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 692. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8878

Nuhasetia H, D., Rizka Agustina, Syifa Khoerunnisa, & Ani Nuraeni. (2022). Pengembangan media pembelajaran vidsi (video animasi) dengan vlognow untuk pembelajaran PAI mengenai kepemimpinan abu bakar ash-shidiq di SD kelas VI. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 496–499. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.169

Salmaa. (2021). Pengertian Ebook: Fungsi, Tujuan, Format, dan Cara Membuat Ebook. 21 Juni 2021. https://penerbitdeepublish.com/pengertian-ebook/

Zurhaida, Z., Nurfitria, S., & Nur Aeni, A. (2022). Pengembangan Words Scramble Game Tentang Politik Islam Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 273–278. https://doi.org/10.52436/1.jpti.181




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v12i4.9867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitriah Erza Nurrohmah, Vera Hagita Sari, Anisa Rahma Salsabilla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id