OPTIMALISASI KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI TK NEGERI PEMBINA MEDANG KAMPAI DUMAI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran di TK Negeri Pembina Medang Kampai Dumai. Untuk itu perlu dilakukan suatu tindakan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu melalui kerja kelompok. Berdasarkan uraian pada latar belakang, identifikasi masalah dan pembatasan masalah, maka fokus penelitian ini berkaitan dengan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang bertujuan untuk mengetahui keberhasilan tentang peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran dalam mengajar melalui kerja kelompok di TK Negeri Pembina Medang Kampai Dumai. Berdasarkan hasil penyajian data dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan kerja kelompok dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran di TK Negeri Pembina Medang Kampai Dumai. Hal ini dapat dibuktikan dari temuan penelitian bahwa pada pra siklus rata-rata keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran hanya 40%. Setelah dilaksanakan kerja kelompok pada siklus I, keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran meningkat sebanyak 54%. Setelah dilakukan perbaikan tindakan dalam melaksanakan kerja kelompok pada siklus II, keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran semakin meningkat sebanyak 83%. Sehingga pelaksanaan kerja kelompok dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran di TK Negeri Pembina Medang Kampai Dumai.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77. https://media.neliti.com/media/publications/153834-ID-pengembangan-media-pembelajaran-interakt.pdf
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Edi, F. (2021). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Metode Kerja Kelompok di SDN 011 Tanjung Penyembal Kota Dumai
Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 9(2), 182-192. http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.182-192
Halik, Abdul. (2012). Metode Pembelajaran: Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal al-‘Ibrah, 1(1), 45-57. http://repository.iainpare.ac.id
Hamalik, Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Nurdin, S., & Usman, B. (2003). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.
Rudi., & Riyana., Cepi. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : Wacana
Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sriwidayah. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Unsur Intrinsik Cerita Di Kelas Vi Sdn Jogosatru. Dwijacendekia Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 84-91. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.14490
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Supraptono, E. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Multimedia Interaktif Dalam Materi Microsoft Excel 2007. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(2), 49-58. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v2i2.7860
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah., B. (2008). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Usman, Moh., U. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aida Aida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id