UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PERMAINAN DI KELAS V SDN 004 BELANTARAYA

Rosman Rosman

Abstract


penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa di SDN X, subjek dalam penelitian inin yaitu siswa SDN X yang berjumlah 26 orang dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 11 orang dan siswa perempuan sebanyak 15 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang mana metode ini menjelaskan atau menggambarkan suatu permasalahan yang factual sesuai denga yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar matematika siswa, terbukti dari data Nilai rata-rata siswa sebelum adanya tindakan yaitu berjumlah 52, kemudian setelah adanya tindakan perbaikan oleh peneliti pada siklus I ulangan harian pertama ditemukan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa berjumlah 76 meningkat sekitar 14,6% dibandingkan dengan data awal sebelum diberikan tindakan perbaikan. Kemudian pada siklus ke II ulangan harian yang kedua ditemukan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan berjumlah 92 meningkat sekitar 17,6% dibandingkan dengan data awal sebelum diberikan tindakan perbaikan pembelajaran. berdasarkan dari data hasil belajar tersebut dapat dilihat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang baik setelah diberikan tindakan perbaikan pembelajaran berupa penerapan metode permainan yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan ide serta menyelasikan berbagai topik pembelajaran.


Keywords


Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika, Metode Permainan

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Afandi, R. (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran (Jinop), 1(1) 77-89.

Anas Sudijono, (2004).Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Aqib, Zainal. (2009). PenelitianTindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Berutu, A. (2013). Penerapan Metode Permainan Dengan Berbantuan Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19 (1), 9-18.

Chan, F. (2017). Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar, Jurnal gentala pendidikan dasar, 2 (1), 106-123.

Daniel, S. (2016). Penerapan Metode Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sd Kristen Kanaan Tangerang, Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1 (2), 41-61.

Fauzia, H, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (1), 40-47.

Ifrianti, S. (2015). Implementasi Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2 (2), 150-169.

Kawuryan,S,P. (2016). Implementasi Metode Permainan Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.

Kiswoyo. (2019).Penerapan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika, Jurnal Mimbar Ilmu, 24 (1), 47-52.

Maswar. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28-43.

Raimundus. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Permainan Di Kelas Pada Siswa Kelas Vi Sdi Watoone, Flores Timur, Journal Scientific Of Mandalika (Jsm), 2 (7), 745-755.

Rosa, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Menggunakan Media Petak Warna-Warni Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Segitiga di Kelas VII MTs. Putra-Putri Simo. INSPIRAMATIKA: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 43–52.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi 2). Bandung: Alfabeta, CV.

Uliyah, A. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Shau Al-‘Arabiyah, 7 (1), 31-43.

Wati, A. (2021).Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 2 (1), 68-73.

Yuliana, L. (2022). Pengaruh Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada SMP Negeri Di Tangerang Selatan, Jurnal pendidikan IPS, 5 (2), 173-180.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rosman Rosman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id