IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAN 1 KOTA SUKABUMI

Tantan Hadian, Rachmat Mulyana, Nana Mulyana, Ida Tejawiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Studi dilakukan dengan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi projek yang dilakukan sekolah. Penelitian diawali dengan studi dokumentasi, penyebaran angket kepada 32 orang guru sebagai responden, wawancara dan observasi lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perencanaan meliputi pembentukan tim, pembuatan buku panduan teknis, penentuan tema projek. Sementara itu, pengorganisasian projek meliputi pembentukan tim pembimbing kelompok projek, penentuan objek penelitian dan penentuan struktur siswa dalam kelompok. Pelaksanaan Projek dimulai dari penentuan rumusan objek penelitian, perumusan masalah, pembuatan instrument penelitian, pelaksanaan observasi, pembuatan laporan, dan pembuatan blog untuk upload laporan projek. Sedangkan,  pengawasan dan evaluai projek dilakukan dalam pengawasan secara internal dan eksternal. Tema projek satu adalah tentang kearifan lokal, sementara tema projek dua adalah tentang rekayasa teknologi.  Pelaksanaan projek dilakukan dengan sistem blok, yaitu dilakukan dalam waktu 3-4 minggu. Akhir projek dilakukan dengan  panen karya, yaitu publikasi berupa presentasi hasil karya siswa yang di hadiri oleh siswa, guru, dan orang tua siswa baik secara luring maupun daring. Temuan masalah dari penelitian adalah kurang koordinasinya manajemen sekolah, baik internal maupun eksternal, sebanyak 46% responden guru tidak dilibatkan dalam perencanaan projek ini dan kurang berperannya pengawas sekolah dan komite sekolah. Temuan lainnya adalah kurangnya keaktifan siswa yaitu hanya 59 % yang secara aktif dalam mengikuti kegiatan projek. Bentuk penilaian dan penetapan tujuan projek belum mencerminkan ketercapaian profil pelajar Pancasila.

 


Keywords


Projek based learning, profil pelajar Pancasila, P5

References


Albab, U. (2021). Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 5(1), 119-126. https://doi.org/10.52802/pancar.v5i1.104

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group

Astuti, R., & Dacholfany, M. I. (2016). Pengaruh supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP di Kota Metro Lampung. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 1(2), 204-217. http://dx.doi.org/10.24127/jlplppm.v1i2.295

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (2022). Panduan Penngembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta: Kemendikbudristek

Darwisyah, D., Imron Rosadi, K., & Ali, H. (2021). BERFIKIR KESISTEMAN DALAM PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 225-237. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.444

Daft, Richard L.( 2006). Manajemen, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat

Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajar matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106-114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar,dan Pendidikan Menengah

Larmer, John, and John R. Mergendoller. "Seven essentials for project-based learning." Educational leadership 68, no. 1 (2010): 34-37.

Musa, Faridah, at al (2012). Project-based learning (PjBL): Inculcating soft skills in 21st century workplace. Procedia-Social and Behavioral Sciences 59 (2012): 565-573.

Nainggolan, D., Pontororing, H. F., & Tinus, D. (2021). The Implementation of Project Based Learning to Improve Student Learning Outcomes in Study About" Pengantar Pancasila". Educouns Journal: Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 132-138. https://doi.org/10.53682/educouns.v2i2.3478

Nugrahani, Farida.(2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books 1

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika. Formatif, 6(2), 149-160. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Rusnaini, Rusnaini, dkk (2020). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional 27, no. 2: 230-249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sari, N. Y., & Sinthiya, I. A. P. A. (2022). STRATEGI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 2 GADINGREJO. JMPA (Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Multazam), 4(2), 50-59. https://dx.doi.org /10.54892/jmpa.v4i2.141

Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86-93. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v15i22022p86

Shofa, Nina Ariani.(2021) Strengthening The Profile Of Pancasila Students Through Project-Based Learning In Learning History. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.

Susilawati, Eni, dkk. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik : 155-167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Sugioyono.(2005). Memahami Penilitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Supyadi, Susanti, dkk. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Jakarta. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Yin. R.K (1987) Studi Kasus, Desain dan Metode. Terjemahan oleh M Dzaki Mudzakir. Jakarta. Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tantan Hadian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id