HAMBATAN GURU MATEMATIKA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Refny Widialistuti, Nurhizrah Gistituati, Alwen Bentri

Abstract


Kurikulum merupakan perancangan kependidikan dalam mempunyai posisi yang berpengaruh terhadap aktivitas kependidikan. Perubahan kurikulum KTSP pada Kurikulum 2013 menyebabkan guru mengalami hambatan dalam penerapannya di proses pembelajaran. Kurikulum 2013 meliputi lima aspek pembelajaran, yakni pengamatan, pertanyaan, pengumpulan, pengasosiasikan, dan pengkomunikasian. pembelajaran matematika telah dipelajari oleh siswa di sekolah. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kecakapan logika berpikir, analitik, sistematik, kritis, inovatif, dan kreatif, serta berkemampuan dalam melakukan kerja sama adalah pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika ini diasumsikan sulit diterima oleh siswa, untuk itu diperlukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru dalam menyusun alat pembelajaran dan aktivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan mengumpulkan sepuluh artikel dari jurnal nasional yang relevan dengan hambatan guru matematika dalam penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga aktivitas dalam pemprosesan pembelajaran dalam kurikulum 2013, yaitu aktivitas awal, aktivitas inti, dan aktivitas akhir. Pada aktivitas awal, guru sulit dalam penyusunan RPP dan pengalokasian waktu pembelajaran. Pada aktivitas inti, guru didapati sulit dalam membuat siswa berfokus dalam proses pembelajaran. Pada aktivitas akhir, guru sulit dalam memberikan dampingan kepada siswa dalam penarikan simpulan sehingga sulit dalam evaluasi proses pembelajaran.

 


Keywords


hambatan, matematika, kurikulum 2013

References


Aeni, U., & Muspiroh, N. (2016). Identifikasi kesulitasn Guru Biologi dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Susukan Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains , 5(2), 165–174.

Agusningtias, N. F. (2019). Social Science Teacher Problems in Implementation of Curriculum 2013 at Junior Hight School 3 Bagor Nganjuk. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Amalia, Z., Safriani, R., & Pusra, D. (2021). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Siswa kelas III Sekolah Dasar. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 10(4), 1046–1053.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pub. L. No. 41, Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia 1 (2005).

Baiduri. (2019). Strategi Literasi dalam Pembelajaran Matematika pada Era Industri 4.0. MUST: Journal of Mathematics Education, Science, Technology, 4(1), 77–94.

Eraslan, A. (2013). Teachers’ Reflections on the Implementation of the New Elementary School Mathematics Curriculum in Turkey. H. U. Journal of Education), 28(2), 152–165.

Fadillah. (2014). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MAN (1st ed.). Ar-Ruzz Media.

Grouws, D. A., Tarr, J. E., Sears, R., Soria, V. M., & Taylan, R. D. (2013). Curriculum and Implementation Effects on High School Students’ Mathematics Learning From Curricula Representing Subject-Specific and Integrated Content Organizations. Journal for Research in Mathematics Education, 44(2), 416–463.

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Hikmatusholikhah, I. H., Jamali, & Muchyidin, A. (2022). Student Problems In The Implementation Of The 2013 Curriculum With A Scientific Approach To Mathematics At MTs N 4 Cirebon. Journal of General Education and Humanities, 1(2), 14–22.

Hsu, M. W. (2013). Examining the Types of Mathematical Tasks Used to Explore the Mathematics Instruction by Elementary School Teachers . Creative Education, 4(6), 396–404.

Janko, T., & Pešková, K. (2017). Exploring Teachers’ Perceptions of Curriculum Change and their Use of Textbooks during its Implementation. A Review of Current Research. Journal of Geography Education, 45(1), 33–60.

Juanda, R., Pramata, A., Ningsih, R. W., & Afriani, N. (2020). Teachers’ Difficulties in Implementing the 2013 Curriculum. J-Shelves of Indragiri, 1(2), 98–114.

Permendikbud No.4 Tahun 2018 Tentang Penilaian Hasil Belajar Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah, Pub. L. No. 4 (2018).

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, Sekretaris Negeri Republik Indonesia 1 (2003).

Khasanah, U. R., & Widyantoro, A. (2017). The Problem in The Implementation of The 2013 Curriculum. Conference on Language and Language Teaching, 114–119.

Khoerunnisa, P. (2021). Ability of Student in Completing Mathematical Story Problems. ATUDE: Journal of Educational Research, 1(3), 97–103.

Kurniasih, I. (2016). Ragam pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Maba, W., & Mantra, N. B. I. (2018). The Primary School Teachers’ Competence in Implementing the Curriculum the 2013 Curriculum. GC-Tale 2017, 1–6.

Mandukwini, N. (2016). Chalenggers toward Curriculum Implementation High Schools in Mount Flecther Districct, Eastern Cape. University of South Africa.

Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (S. A. Wardan, Ed.; 4th ed.). Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013, Pub. L. No. 66, Mendikbud RI 1 (2013).

Nuraini, D. (2019). Curriculum change: Implementing the 2013 English Curriculum in senior high schools in West Java province, Indonesia. University of Exeter.

Rahmadi, F. I., & Lavicza, Z. (2021). Pedagogical Innovations in Elementary Mathematics Instructions: Future Learning and Research Directions. International Journal on Social and Education Sciences (IJonSES), 3(2), 360–378.

Rahmayanti, L., Antosa, Z., & Adiputra, J. (2020). ANALYSIS OF TEACHER’S DIFFICULTY IN APPLYING LEARNING WITH THE SAINTIFIC APPROACH. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 9(1), 72–80.

Reswari, A. P. G. (2018). Teaching English in the KTSP Curriculum and 2013 Curriculum Simultaneously: A Case Study of “A Senior High School in Semarang”, Central Java, Indonesia. Queen’s University.

Retnawati, H., Arlinwibowo, J., Wulandari, N., & Pradani, R. (2018). Teachers’ Difficullties and Strategies in Physics Teaching and Learning the Applying Mathematicss. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 120–135.

Rumahlatua, D., Estevanus, Huliselan, & Takaria, J. (2016). An Analysis of the Readiness and Implementation of 2013 Curriculum in The West Part of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International JOurnal of Environtmental and Science Education, 11(12), 5662–5675.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan . Raja Grafindo Persada.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI JICA.

Suprayitno, T. (2020). Seminar Nasional Kurikulum, Pembelajaran, dan Perbukuan Tahun 2019. In A. Tjala (Ed.), Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penelitian dan Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (pp. 1–349). Puskurbuk.

Syahrul, N. (2017). Peran dan Tanggung Jawab Mamak dalam Keluarga: Tinjauan terhadap Novel Salah Asuhan Karya Abdoel Moeis. MetaSastra: Jurnal Penelitian Sastra, 10(1), 33–44.

Uno, H. (2015). MODEL PEMBELAJARAN; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.

Yamin, M. (2008). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP . Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Refny Widialistuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id