PENERAPAAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar masih mempunyai polemik meskipun sudah berubah menjadi kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar mempunyai dinamika pada siswa dan guru. Penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar menjelaskan keberhasilan guru dalam pengembangan silabus dan RPP di kelas. Penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar berpengaruh terhadap kebijakan kepemerintahan dalam mengatur dan keterelaksanaan penerapan kurikulum 2013 tersosialisasikan dengan baik kepada guru dan siswa. Penelitian menggunakan kajian kepustakaan yang dikumpulkan berdasarkan sepuluh review jurnal yang dikelompokkan berdasarkan tujuan pembelajaran yang dilakukan dengan meta-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar telah dilakukan dengan baik, seperti keterencanaan pembelajaran matematika, keterlaksanaan pembelajaran matematikan, keevaluasian proses dan hasil pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Standar proses kurikulum 2013 dan prosedur penerapan standar kurikulum 2013 mencakup pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, meskiput terdapat kendala dalam pendistribusian buku siswa dan buku guru dan kesulitan guru dalam memahami Pembuatan lembar kerja siwa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, I. D., & Idris, M. (2021). Instrumen Development of Mathematics Learning Outcomes by The Rasch Model in Elemnetary School to Support the Implementation of the 2013 Curriculum. JISAE (Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation), 7(2), 88–102.
Alfiyaturrohmah. (2021). Evaluasi Pembelajaran Matematika Bersistem Kurikulum 2013 Revisi pada SMP Sederajat di Kota Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Nur El-Islam, 1(2), 48–58.
Anugrahana, A. (2019). Studies about Mathematics in Elementary School Viewed From Previous and Current Curriculum. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 18–28.
Daga, T. A. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). Jurnal Edukasi Sumba, 4(2), 103–110.
Darmawan, W. E., & Suparman. (2019). Design of Mathematics Learning Media based on Discovery Learning to Improve Problem Solving Ability. IJOLAE: Indonesian Journal on Learning and Advanced Education, 1(2), 20–28.
Effri, A. (2015). Model Pendidikan Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. QUALITY-Jurnal Pendidiakn Islam, 3(2), 238–256.
Fadillah. (2014). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MAN (1st ed.). Ar-Ruzz Media.
Fathurrohman, P. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter (2nd ed.). Refika Aditama.
Fitriyanto, I. G. (2020). Evaluation of 2013 Curriculum Implementation in The Achievement of Gradical Competency Standars in Mathematic About Mathematics Literation in SMAN 1 Menganti Gresik. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(2).
Ginting, S. M., Prahmana, I. C. R., Isa, M., & Murni. (2018). Improving the Reasoning Ability of Elementary School Student through the Indonesian Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 9(1), 9.
Hamzah, A., Haji, M., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika . Raja Grafindo Persada.
Hasanah, U. (2019). The Integration Model of Curriculum 2013 and Cambridge Curriculum in Elementary Schools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, 6(2), 144–157.
Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 6(2), 131–141.
Heleni, S., & Zulkarnain. (2017). Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Bidang Studi Matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Kota Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Al-Khawarizmi, 5(1), 43–54.
Hendri, S., Kenedi, K. A., Helsa, Y., & Anita, Y. (n.d.). Elementary School Teacher Ability in Using Application Technology for Mathematics Learning Assessment in the 2013 Curriculum. Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019).
Iriani, T., & Ramadhan, A. (2019). Perencanaan pembelajaran untuk kejuruan. Prenadamedia.
Jannah, F. (2013). Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya. Dinamika Ilmu, 13(1), 1–16.
Jannah, H. (2017). Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktik). In Kurikulum 2013 (pp. 1–388). Pustaka Nurja.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, Sekretaris Negeri Republik Indonesia 1 (2003).
Krissandi, S. D. A. (2018). Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Premiere Educandum, 8(1), 68–77.
Lin Wen, Y., Tseng Lung, C., & Chiang Jui, P. (2017). The Effect of Blended Learning in Mathematics Course. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(3), 741–770.
Lubis, M. S., & Rangkuti, A. N. (2016). Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Umum/Sederajat (1st ed.). Perdana Publishing.
Muntingah, S. (2019). Proses Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di MI An-Nur Jogoresen dalam Implementasi Kurikulum 2013. UIN Sunan Kalijaga.
Nasution, R. (2017). Pendidikan Islam dalam Dinamika Perubahan Sosial. As-Salam, 1(3), 119–129.
Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013, Pub. L. No. 66, Mendikbud RI 1 (2013).
Nurhoyati, Fitriati, I., & Mariamah. (2019). Implementation of the 2013 Curriculum in Mathematics Learning in Class IV at SDN Talabiu Districts Woha, Bima Regency. RI’AYAH, 4(2), 147–155.
Rahmayanti, L., Antosa, Z., & Adiputra, J. (2020). Analysis Of Teacher’s Difficulty In Applying Learning With The Saintific Approach. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 72–80.
Ratnasari, I. (2016). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rosyada, N. M., & Retnawati, H. (2022). Elementary school: A review of evaluation selementary school: A review of evaluations. AIP Conference Proceedings, 1–9.
Saputra, N. N., & Sukmawati, R. (2019). The Impelementation of 2013 Curriculum in Mathematics Learning SMA Muhammadiyah 3 Tangerang. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(1), 43–46.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–168.
Setiana, S. D., Purwoko, Y. R., & Sugiman. (2021). The Application of
Mathematics Learning Model to Stimulate Mathematical Critical Thinking Skills of Senior High School Students. European Journal of Educational Research , 10(1), 509–523.
Sinaga, B., Harahap, M., Sinambela, N. P., & Sinaga, L. (2016). He Development Of Mathematics Instructional And Authentic Assessment Model Based On Curriculum 2013 To Improve The Attitude Quality, Creative Thinking Ability And Mathematics Connections Of High School Students. Proceedings of the 1 St Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL) , 266–274.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sulisworo, D. (2019). Konsep Pengembangan Kurikulum Membangun Sekolah Global (Susilo, Ed.). ALPRIN.
Susilowati, T. (2021). Improving the ability of Miftahul Huda Islamic elementary school students to face the 21st century with the application of STEM in learning curriculum 2013. Journal of Physics: Conference Series, 1957(2021), 1–11.
Suwandi, N. L. (2020). The Implementation of 2013 Curriculum in Teaching English of the Fourth Grade Students Achivement at Private Elementary School in Tampan Pekan Baru. Universitas Islam Riau.
Tarigan, R. M. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika di SMP Swasta Persatuan Amal Bakti (PAB) 3 Saentis. UIN Sumatera Barat.
Tyas, M. N. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Ulum, N. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV B Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kedungbanteng Banyumas. IAIN Purwokerto.
Wulandari, A. G. I. (2020). Implementation of the 2013 Curriculum Based on a Scientific Approach (Case Study at SD Cluster II Kintamani). International Journal of Elementary Education. , 4(3), 422–430.
Zaenuri, & Rokhimawan, A. (2022). Implementattion Design of Curriculum 2013 in the Thematic Learning Process in Integrated Islamic Elementary School. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) , 8(1), 69–78.
Zuhri, D., Maimunah, & Yuanita, P. (2020). The Development of Math Learning Tools for Elementary Based on 2013 Curriculum in Coastal Area . Journal of Educational Sciences, 4(1), 133–145.
Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari, 16(1), 153–158.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ira Rahmayuni Jusar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id