PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA VIII KELAS SD NEGERI 060934 MEDAN

Yuni Sinaga Rayanti Sinaga, Reflina Sinaga, Sumarlin Mangandar Marianus, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing  pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SD Negeri 060934 Kec. Medan Johor Tahun Pembelajaran 2021/2022. Subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 11 siswa lai-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku. Hal ini terbukti dari hasil pretest terdapat 4 siswa yang tuntas (18,18%) sedangkan 18 siswa (81,82%) tidak tuntas dengan rata-rata sebesar 53. Pada postes siklus I terjadi peningkatan dengan 8 siswa (36,36%) yang tuntas dan 14 siswa yang tidak tuntas (63,64% ) yang tidak tuntas dengan rata-rata sebesar 66,3. Pada postes siklus II hasil belajar siswa meningkat terdapat 18 siswa (81,82%) yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas (18,18% ) tidak tuntas, dengan rata-rata 84,4. Selanjutnya hasil observasi aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata 48% dan observasi siswa 62%. PSiklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 82% dan hasil observasi kegiatan siswa juga meningkat menjadi 88. Dangan demikian penggunaan model pembelajaran model role playing dapat meningkatan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri 060934 Kec. Medan Johor. 


Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran Role Playing

References


Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Aunurrahman. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung CV, ALFA BETA.

Arikunto. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: PTBRINEKA CIPTA.

Basri, H. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 032 Kuala Kecamatan Tambang.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidiikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau 1: 38–53.

Djario. Mudzanatun. Wijaya, E, B. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Semester 1 Sdn Wonokerto Sato Karangtengah Demak.” FIP IKIP PGRI SEMARANG 2: 12–22.

Hamalik, O. 2020. Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harefa, D., Sarumaha, M., Gee, E., Nduru, M., Telaumbanua, T., Marsa, L. D., Selatan, N., & Sitoli, G. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Model. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 1–14.

Huda, M. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. ed. Diyah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. Pulungan, E. 2020. Ensiklopedia Pendidikan. 1st ed. ed. M. Sembiring, H, A. Ridwan. Medan Sumatera Utara: Larispa.

Istarani. 2019. 58 Model Pembelajaran Inovatif. ed. M. Abdussalarn. Siddik. Medan: Media Persada.

Juliana. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Aktivitas Siswa terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa di Kelas V SDS Gracia Sustain Medan. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 295–309.

Juliana. (2021). Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 4(2), 260–274.

Karo, T. B., Anzelina, D., Sembiring, N., & Tanjung, D. S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Spider Webbed pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2108–2117.

Kurniasih, I. Sani, B. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. ed. A. Jay. Kata Pena.

Lubis, E, A. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publishing.

Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11.

Mailani, E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Melalui Permainan Monopoli Pecahan. Jurnal Handayani, 4(1), 1–14.

Mailani, E., Simanihuruk, A., & Manurung, I. F. U. (2019). Pengembangan Media Berbasis Interactive Audio Interaction (IAI) Bagi Mahasiswa PGSD Unimed. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 9(4), 290–299.

Mailani, E., & Wulandari, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal Dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific Di Sdn 101771 Tembung T.A 2018/2019. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 94–103. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i2.14318

Manurung, I. F. U., Mailani, E., & Simanuhuruk, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry Berbantuan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa PGSD. Js (Jurnal Sekolah), 4(September), 26–32. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/20607

Mardalena, D. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VI Sekolah Dasar.” Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas RIAU 7: 128–36.

Mudjiono. Dimyati. 2019. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Naibaho, D. E., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 342–351.

Nainggolan, M. Tanjung, D,S. Simarmata, E, J. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu

Pane, A. Dasopang, M, D. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3: 333–46.

Pardosi, B., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Model SAVI terhadap Hasil Belajar pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 173593 Parsoburan. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.

Parhusip, E. M., Gaol, R. L., HS, D. W. S., & Tanjung, D. S. (2022). Pengaruh Pembelajaran dalam Jaringan terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 091644 Bahlias Kecamatan Bandar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6, 212–221.

Priansa, D. J. (2019). PENGEMBANGAN STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN (Tim desain pustaka setia (ed.); 2nd ed.). pustaka_seti@yahoo.co.id

Priansa, D. J. (2019). PENGEMBANGAN STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN (Tim desain pustaka setia (ed.); 2nd ed.). pustaka_seti@yahoo.co.id

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. ed. B. Santosa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pulungan, I. (2019). Ensiklopedia Pendidikan (2nd ed.). Media Persada.

Purba, F. B., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). The Effect Of Paikem Approach On Students’ Learning Outcomes on The Theme of Lingkungan Sahabat Kita At Grade V SD Harapan Baru Medan Academic Year 2019/2020. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 278–286.

Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.

Rahmi, I. Nurmalina. Fauziddin. 2020. “Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal On Teacher Education 2: 197–206.

Ritonga, C. C., Tanjung, D. S., & Sitepu, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 101735 Sei Semayang. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(3), 246–255.

Samosir, J., Sipayung, R., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa Tema VIII Kelas III SD Rk Budi Luhur Medan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 108–116.

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended t erhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tem atik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652.

Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076–4084. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1289

Sembiring, M. E., Simarmata, E. J., & Tanjung, D. S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Tema Praja Muda Karana ii Kelas III SD Swasta Advent Timbang Deli. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 78–87.

Sembiring, S. B., Tanjung, D. S., & Juliana. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4075–4082.

Sianipar, M. E. V., Gaol, R. L., Mahulae, S., & Tanjung, D. S. (2022). Pengaruh Bullying terhadap Keterampilan Sosial Anak di Lingkungan Sekolah SD Negeri 066050 Kecamatan Medan Denai. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(April), 458–466.

Sigalingging, R., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pemebelajaran Tematik Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(3), 263–268.

Sihombing, S., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 314–322.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019a). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Multiple Intelligencesberbasis Budaya Batak Angkola untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019b). Implementation of Multiple Intelligences Approach Based On Batak Angkola Culture in Learning Thematic For Class IV SD Negeri 100620 Pargarutan Julu South Tapanuli District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 547–551. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.538

Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.

Sinurat, R., Tanjung, D. S., Anzelina, D., & Abi, A. R. (2021). Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV di SDN 097376 Sippan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 14(1), 28–37.

Sipayung, P. R., Sipayung, R., HS, D. W. ., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 094097 Simpang Pongkalan Tongah Kabupaten Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 117–123.

Siregar, Z. D., Sinaga, R., & Marianus, S. M. (2022). Pengaruh Bullying terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SV Negeri 173416 Pollung. School Education Journal PGSD Fip Unimed, 12(2), 159–167.

Slameto. 2016. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. ed. Jefry. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menerapakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) di Kelas V SDN 200111 Padangsidimpian. Jurna Juril AMIK MBP, 4(1), 68–79.

Tarigan, A. P., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SDN 040549 PEBULAN. Jurnal Handayani, 11(2), 1–10.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2294–2304.

Yusnarti, M. Sutyaningsih, L. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah DasaR.”Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Pendidikan 2: 253–61.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuni Sinaga Rayanti Sinaga, Reflina Sinaga, Sumarlin Mangandar Marianus, Darinda Sofia Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id