HUBUNGAN SELF REGULATE LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MI DI OKU TIMUR

Siti Nurjanah, Nasikhotun Nadiroh, Naila Rohmaniyah, Elina Cahyanti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh oleh rendahnya hasil belajar siswa MI Subulussalam 02 Sriwangi dan kurangnya kesadaran siswa untuk berperan aktif dalam pencapaian tujuan pembelajaran, sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengatur waktu belajarnya. Penelitian ini bermaksud untuk mencari hubungan antara self regualate learning dengan hasil belajar pada siswa. Self regualate learning sebagai variabel bebas (variabel yang mempengaruhui) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (variabel yang dipengaruhi). Metode yang diapai dalam penelitian ini yaitu kuantitatif.Hasil dari analisis dalam penelitian ini yaitu terdapat korelasi antara self regualate learning dengan hasil belajar pada siswa dengan nilai signifikansi 0,003<0,05. Diperoleh nilai minimum 115 dan maksimum 140 pada variabel self regualate learning, pada hasil belajar diperoleh nilai minimum sebesar 58 dan maksimum 84. Nilai r hitung yang diperoleh yaitu sebesar 594, menunjukkan keeratan hubungan self regualate learning dengan hasil belajar kedalam tingkat sedang atau cukup. Nilai r hitung -,594 menunjukkan angka negatif yang berarti terdapat korelasi kedua variabel tersebut bersifat berlawanan.

 


Keywords


Self Regulate Learning, Hasil Belajar Siswa

References


Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145–155.

Fazriah, S. (2019). Hubungan Self Regulate Learning Dengan Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran Kimia. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Latifah, E. (2010). Strategi self regulated learning dan prestasi belajar: kajian meta analisis. Jurnal Psikologi, 37 (1), 110-129.

Narayanan, M. (2009). Bloom ’ s Taxonomy Bloom ’ s Taxonomy. Politics & Society, 1, 2–5.

Nurjanah, S. (2021). Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah …, 04, 85–91.

Paramartha, A. A. G. Y., Putu, N., & Pratiwi, A. (2017). Problematika Penerapan Asesmen Dalam Kurikulum 2013 Oleh Guru Bahasa Inggris Di Smp N 2 Singaraja. 746–751.

Putri, N. D. dkk. (2017). Hubungan kemampuan self regulate learning dengan hasil belajar IPA siswa SMPN 3 padang.

Rahmasari, L. (2012). Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1).

Siti Nurjanah, A. S. N. (2021). Meningkatkan Pemahaman Isi Pesan Dongeng Melalui Strategi Know Want To Know Learned (KWL) pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 siti nurjanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id