MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PBL, NHT & MM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar peserta didik, dan mendeskripsikan aktivitas pendidik, serta meningkatkan aktivitas Belajar peserta didik, menggunakan kombinasi model PBL, NHT, dan MM. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah peserta didik kelas V di SDN Handil Bakti pada tahun pelajaran 2021/2022, jumlah peserta didik sebanyak 26 orang. Data hasil belajar diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Aktivitas Pendidik dan Peserta didik diperoleh dengan menggunakan lembar pengamatan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis yang dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik 96% tuntas. Aktivitas Pendidik memperoleh skor 27 dengan kriteria sangat baik, dan aktivitas peserta didik 96% mencapai kategori sangat aktif. Kesimpulannya pembelajaran sudah efektif. Aktivitas pendidik sangat baik, dan aktivitas peserta didik sangat aktif, serta hasil belajar materi benda tunggal dan campuran sudah mencapai ketuntasan yang diinginkan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, S. R., Purnamasari, V., & Darsimah, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif: Jurnal Ilmu, 3(5), 2040–2047. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.747
Amin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3), 25-36. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg
Aqib, Z. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Faslia. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match di Sekolah Dasar Faslia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2071–2078. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.740
Fussalam, Y. E., & Elmiati. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 45–55. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/49
Hamalik, O. 2014. Manajemen Pengembagan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hasibuan, L. S., & Sukma, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(4), 237. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i4.102
Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 613–628.
Jannah, F., Fahlevi, R., & Herdawati, L. (2019). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Negeri Hujan Amas 2 Terhadap Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Inovasi Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 63–68
Khairani, S., Suyanti, R. D., & Saragi, D. (2020). The Influence of Problem Based Learning (PBL) Model Collaborative and Learning Motivation Based on Students’ Critical Thinking Ability Science Subjects in Class V State Elementary School 105390 Island Image. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1581–1590. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1247
Khoirunimah, S. N. (2019). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas 4 SD. J. Elem. Edukasia, 2(1), 64-73. https://core.ac.uk/download/pdf/228885088.pdf
Kistiana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Gentamulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/169
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828
Lompoliuw, B. A. (2021). The Implementation Of Make A-Match Model In Social Science Learning To Improve Student Learning Outcomes In Class IV SDN 115 Manado. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24. https://doi.org/10.36412/jemtec.v2i2.1013.g951
Nandhita, A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
Ningtyas, E. S., & Wuryani, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-A Match Berbantuan Media Komik Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 66-74.. https://www.neliti.com/publications/122330/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-cooperative-learning-tipe-make-a-match-b#cite
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752
Pradani, D. R., Mosik, & Wiyanto. (2018). Analisis Aktivitas Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Kurikulum 2013 di SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 57–66.
Reinita. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar Reinita. Jurnal Basicedu, 3(4), 2113–2117. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.242
Safitri, A., & Reinita, R. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2130–2138. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.689
Safitri, A., Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2021). Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(6), 5296–5304. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1631
Saleh, M. (2021). Implementasi Kombinasi Model PBL, NHT, dan Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Simki Pedagogia, 4(2), 198–210. https://doi.org/10.29407/jsp.v4i2.50
Setyowati, L., & Inah, E. N. (2020). Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 23. https://doi.org/10.31332/dy.v1i1.1818
Simanungkalit, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Aktif Kooperatif Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA - Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(1), 89. https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22635
Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan Masyarakat dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234–247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828
Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4), 2294–2304.
Uno, H. B., & Mohamad, N. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiharti, W. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan Menggunakan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Tema 4 Sub Tema 3 pada Siswa Kelas 2 SDN Tembelang 01. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(2), 186–193. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i2.7369
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Radiansyah Radiansyah, Elsa Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id