PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VI DI SEKOLAH DASAR

Ratih Elvia Valda, Ni Luh Sakinah, Siti Mas'ula

Abstract


Pengembangan  pada artikel ini didesain untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis etnomatematika yang dinilai valid dan praktis oleh dosen ahli serta guru sekolah dasar. Budaya di kota Malang yang dikaitkan dengan etnomatematika pada video pembelajaran ini meliputi Keripik Tempe, Keramik Dinoyo, serta Alun-Alun Tugu Kota Malang yang berbentuk lingkaran. Tiga video pembelajaran tersebut masing-masing dikelompokkan berdasarkan pengertian dan unsur-unsur lingkaran, cara mencari luas dan keliling lingkaran, dan cara menyelesaikan masalah matematika materi lingkaran yang dijelaskan melalui etnomatematika budaya di kota Malang. Video pembelajaran diawali dengan kegiatan pembuka, kemudian diceritakan sejarah budaya di kota Malang tersebut, kemudian dikaitkan dengan materi lingkaran dan diakhiri dengan kegiatan penutup disertai evaluasi berupa pemberian soal. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah R2D2 (recursive, reflective, desaign and develompent). Berdasarkan hasil pengembangan media dan uji coba tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi lingkaran kelas VI valid dan praktis digunakan di sekolah dasar sebagai media pembelajaran. 

 


Keywords


Etnomatematika, Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Materi Lingkaran, Sekolah Dasar

References


Deshinta, A., & Slamet, S. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Jurnal Elemen Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.

Hafizh, M. A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Camtasia Studio Pada Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv Sd. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(1), 141–154. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6411

Hartati, T., Damaianti, V. S., Gustiana, A. D., Atyanto, S., & Jannah, W. N. (2022). Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Penerbit Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).

Hendriansyah, M., & Suratman, D. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivistik Di Sekolah Menengah Atas Pertama Negeri 2 Segedong. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kehi, Y. J., M, Z., & Waluya, S. B. (2019). Kontribusi Etnomatematika Sebagai Masalah Kontekstual dalam Mengembangkan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 190–196.

Khoiriyah, M. D., & Bidono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V Delila Khoiriyah Mashuri Abstrak. JPGSD, 08, 1–11.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Mahpudin, M., & Yuliati, Y. (2019). Peran Budaya Lokal Terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar di Cirebon. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 287–292. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2402

Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, W., & Dua Getan, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 83. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8021

Rosyid, M. Z., Sadiyah, H., & Septiana, N. (2019). Ragam Media Pembelajaran Audio Visual - Interactive Video - Power Point - E-Learning. Literasi Nusantara.

Sabon, D. W. (2021). Hubungan Etnomatematika Adonara dan Matematika Sekolah. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Saz, J. A., Fadhila, Yani, A., & Nurhayati. (2015). Pengembangan Media Presentasi Interaktif Semi Laboratorium Virtual pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Saintifik, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.31605/saintifik.v1i1.68

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21

Siddik, M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi. Tunggal Mandiri.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Sumiyati, W., Rakhmawati, R., Matematika, J. P., & Kritis, K. B. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. 1(1), 15–21.

Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125–132.

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Ulfa Kurniyawati, S., Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, A., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). ELSE (Elementary School Education Journal) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gawai Pada Pembelajaran Ppkn Kelas 3 Sd/ Mi Di Masa Pandemi Covid-19. 5, 159–171.

Wahyuni, A., Aji, A., & Tias, W. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118. https://osf.io/preprints/na9pu/

Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua (2nd ed.). Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ratih Elvia Valda, Ni Luh Sakinah, Siti Mas'ula

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id